Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Data logger Sebagai Alat Ukur Suhu Pada Oven

Data logger Sebagai Alat Ukur Suhu Pada Oven

Wednesday, 01 August 2018

           Oven merupakan salah satu instrument yang banyak digunakan dalam proses quality control (QC) maupun Research & Development (R&D) Industri maupun perusahaan jasa. Suhu dan humadity merupakan parameter yang terdapat di oven dan suhu adalah parameter utama. Monitoring stabilitas suhu di perusahaan ada yang masih konvensional, yaitu melalui pengamatan operator dari monitor, belum menggunakan data logger suhu padahal data logger digunakan sebagai basis analisis, meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses monitoring oven yang digunakan.

            Di banyak sektor industri,variabel suhu memilki tingkat akurasi dan keseragaman yang tinggi, contoh industri makanan biskuit atau kue kering, oven di rancang dengan sangat besar, full otomatis dan panjangnya bisa mencapai 150 m dengan range temperatur antara 200 ° C s/d  250 ° C. Distribusi suhu yang merata pada oven mempengaruhi kualtias produk yang dihasilkan dapat menyebabkan kerugian besar selama produksi. Sensor suhu yang paling umum adalah termokopel yang mengukur suhu udara di dalam oven. Namun, dapat terjadi ketidaksesuaian hingga 50 ° C dari suhu produk sebenarnya, selain itu, termokopel ini bereaksi lambat terhadap perubahan panas, penggunaan termokopel tidak terlalu efektif dan tidak mencerminkan suhu yang tepat, sedangkan alat lain mengukur suhu seperti pyrometer, harganya yang cukup mahal serta jangakauan pembacaan suhu yang tidak merata ke semua titik pada oven.

            Data logging merupakan historical data files untuk setiap kejadian yang terjadi pada sistem, yang berguna untuk keperluan pemeliharaan ataupun review data-data sebelum dan sesudah kejadian. Saat ini periode waktu penyimpanan data-data harus mampu dilakukan selama berbulan-bulan atau dalam waktu tahunan. Data logger  (perekam data)  adalah suatu alat rekam elektronik yang dapat merekam data pada saat waktu yang berlalu, biasanya digunakan untuk penyimpanan data real time. Fungsi utama data logger suhu salah satunya adalah  untuk memonitor suhu secara terus-menerus untuk sistem yang besar kemampuan sistem  storage  saat ini dapat mencapai ratusan gigabyte bahkan sudah sampai terabyte. Mengumpulkan data-data historis berarti merekam data-data atau hasil perhitungan real time dan menyimpan data-data tersebut ke dalam database sebagai time logged data.

Gambar 1. Sistem data logger

            Data logger EBRO EBI 12-T421 merupakan data logger yang di rancang khusus oleh EBRO untuk memonitoring suhu pada oven. Di lengkapi dengan sensor temperatur yang lebih dari 1 channel dengan panjang sampai dengan 500 mm dan diameter 1,5 mm dan flexibel, range suhu pengukuran -200 °C ... + 400 °C dengan akurasi mencapai +/- 0.05 °C sehingga EBRO EBI 12-T421 juga dilengkapi dengan software, portable batterai yang sangat cocok untuk monitoring suhu pada oven baik dalam proses produksi maupun R&D .

Gambar 2. EBI T421

 

Previous Article

Pemilihan Data Logger Pada Logistik Makanan

Friday, 29 June 2018
VIEW DETAILS

Next Article

Monitoring temperature pada oven dengan data logger

Thursday, 02 August 2018
VIEW DETAILS