Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
HIRSCHMANN Labopette

HIRSCHMANN Labopette

Thursday, 01 March 2018

Pipet otomatis adalah alat atau instrumen yang digunakan untuk memindahkan sampel dalam jumlah kecil secara akurat. Sedangkan mikropipet atau pipet mikro adalah suatu alat laboratorium yang digunakan untuk pengukuran volume yang sangat kecil secara akurat dalam satuan µl ( mikroliter ). Selain akurasi, pipet jenis tersebut juga memiliki presisi yang sangat bagus dibanding dengan pipet gelas atau pipet ukur lainnya. Penggunaan pipet otomatis atau mikropipet biasanya di laboratorium biologi, mikrobiologi, dan bioteknologi.

Mikropipet/pipet otomatis mempunyai beberapa bagian penting yaitu :

  1. Plunger button/ tombol penekan, yang berfungsi untuk memompa larutan atau cairan dengan cara menekan tombol tersebut.

  2. Scale volume/skala volume, bagian yang menunjukkan angka/ volume pengambilan cairan sesuai yang diinginkan. untuk mengatur volume putar-putar bagian bawah plunger button ( pada gambar kiri)

  3. Shaft/ batang ujung mikropipet, yang berfungsi untuk menghubungkan mikropipet dengan tips.

  4. Pipette tips, yang berfungsi untuk menampung larutan atau cairan yang dipipet. Pemilihan tip sangat penting untuk menentukan keakuratan dalam pemipetan. Penggunaan tip sebaiknya disesuaikan dengan merek yang sama dengan pipetnya karena tidak semua pipet cocok dengan semua tip yang tersedia.

Sedangkan cara menggunakan mikropipet / pipet otomatis cukup mudah, yaitu dengan cara :

1. Mengatur volume sesuai yang diinginkan ( Jika ada volume configuration)

Pada bagian mikropipet selalu dilengkapi dengan pengatur volume yang terletak di bagian kepala pipet. Untuk mengatur volume yang diinginkan, tinggal memutar-mutar bagian kepala pipet dan memperhatikan angka yang tercantum pada bagian tengah mikropipet.

2. Memasang tips

Pemilihan tip sangat penting untuk menentukan keakuratan dalam pemipetan, dan penggunaan tip disesuaikan dengan merek yang sama dengan pipetnya karena tidak semua pipet cocok dengan tip yang tersedia. cara memasang tips yaitu tancapkan ujung mikropipet dengan tips yang sesuai, dan pastikan tips sudah terpasang dengan benar.

3. Mengambil dan mengeluarkan sampel

Setelah tips terpasang, tekan tombol knob sampai hambatan pertama ( setengah tekanan ), jangan ditekan lebih dalam lagi.  Masukkan mikropipet sampai tercelup ke dalam larutan sampel. Lepaskan tekanan dari tombol knob secara perlahan-lahan sampai cairan tertarik ke dalam mikropipet dan jangan sampai ada gelembung udara. Pindahkan larutan sampel ke dalam wadah yang lainnya dengan cara menekan tombol knob sampai hambatan kedua ( tekanan penuh ). 

4. Lepaskan tips.

Cara Merawat Mikropipet

Mikropipet adalah alat yang telah dirancang akurat dan presisi oleh pabriknya. Tetapi jika digunakan di laboratorium mikropipet harus tetap dikalibrasi, karena dengan dikalibrasi akan menjamin keakuratannya. Selain itu perawatan atau pemeliharaan mikropipet juga sangat penting untuk menjaga agar alat tersebut awet dan tidak mudah rusak.

LabopetteTM adalah mikropipet/pipet otomatis keluaran brand Hirschmann. Labopette single channel ini tersedia dengan berbagai volume configuration dan fixed volume configuration. Baik labopette® fix single-channelled pipette dengan fixed volume configuration maupun labopette® variable single-channell dapat disterilisasi hingga mencapai 121⁰C (autoclavable). Untuk labopette single channel dengan volume configuration tersedia ukuran:

  • labopette 1-10mL
  • labopette 10-100 µL
  • labopette 100-1000 µL

Dengan labopette single channel dengan volume configuration dapat diatur volumenya sesuai yang diinginkan selama masih dalam skala volume pipet tersebut.

Sedangkan untuk labopette single channel dengan fixed volume tersedia ukuran:

  • labopette 200 µL
  • labopette 500 µL

Hirschmann merupakan brand produk yang berasal dari Jerman. Hirschmann instrumen membantu dalam penanganan cairan (liquid handling) di laboratorium. Selain pipet, produk yang dikeluarkan oleh Hirschmann yaitu titrator dan dispenser. PT SAKA adalah distributor resmi dari merk Hirschmann Lab

Daftar Pustaka

http://www.jagadkimia.com/2017/10/mikropipet.html

http://www.hirschmann-laborgeraete.de/en/produktkatalog/liquidhandling/pipetten.aspx

,

Previous Article

PENGAWASAN SUHU DALAM PENYIMPANAN MAKANAN

Wednesday, 28 February 2018
VIEW DETAILS

Next Article

PENCEMARAN LOGAM BERAT DI AIR

Tuesday, 17 April 2018
VIEW DETAILS