Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Instrument Pendukung Metode Pemisahan Secara Evaporasi

Instrument Pendukung Metode Pemisahan Secara Evaporasi

Thursday, 30 June 2016

Teknik pemisahan senyawa dengan bentuk sampel larutan akan lebih mudah dipisahkan dari pelarutnya/solvent dengan cara evaporasi. Pelarut dipanaskan sampai menguap sehingga hanya meninggalkan senyawa yang terpisah. Beberapa industri menggunakan rotary evaporator sebagai media penguapan karena instrument ini memiliki sistem separasi yang lebih cepat dan menghasilkan sampel dengan kemurnian yang lebih tinggi.

Rotary evaporator memiliki prinsip kerja yang sama dengan destilasi yaitu pemisahan akan tetapi rotary evaporator bekerja dengan menurunkan tekanan sampel dan memutar sampel (rotary) dengan kecepatan kostan untuk mempercepat proses pemisahan. Sampel akan dimasukkan dalam labu alas bulat kemudian dipanaskan pada suhu tertentu hingga pelarut menguap. Uap yang terbentuk akan didinginkan pada bagian kondensor pada alat untuk dikondensasi menjadi bentuk cairan kembali.

Instrument pendukung untuk analisa dengan rotary evaporator meliputi vacuum pump dan chiller atau circulator dengan kontrol temperatur. Instrument yang diperlukan diantaranya,


1.    Rotary Evaporator

Rotary evaporator terdiri dari beberapa komponen yaitu labu alas bulat sebagai tempat sampel dan labu alas bulat sebagai penampung, kondensor, dan heating bath.

Instrument Pendukung Metode Pemisahan Secara Evaporasi

RC 900 dari KNF merupakan salah satu jenis rotary evaporator yang telah didesain otomatis dan dilengkapi dengan kontroler untuk pengaturan kecepatan rotasi dan temperatur pemanasan.

Rotary evaporator, RC 900 juga didesaign sangat safety karena memiliki protective cover yang akan melindungi user dari pencemaran sampel. Instrument ini dapat diletakkan di fume hood atau ruangan laboratorium.

Data Teknikal untuk RC900 adalah 
•    Temperatur Heating bath : 20 – 180°C
•    Condenser surface : 1230 cm²
•    Kapasitas untuk evaporating flask : 50 – 4000 ml
•    Dimensi (dengan glass ): 487 x 447 x 823 mm 

2. Chiller atau Refrigerator Circulator

Instrument Pendukung Metode Pemisahan Secara Evaporasi

Chiller atau circulator berfungsi untuk mengalirkan air ke kondensor sebagai pendingin. Air dari chiller akan masuk melalui pipa in dan keluar dari pipa out, air mengalir terus menerus sampai proses separasi berakhir. Temperatur untuk air kondensor harus terkondisi stabil, dengan menggunakan chiller, yang memiliki kontrol temperatur maka air akan tetap dingin atau suhu tetap terjaga. Selain itu penggunaan chiller akan menghemat konsumsi air dibandingkan menggunakan air kran. Air kran memiliki temperatur yang tidak stabil sehingga mengakibatkan proses kondensasi tidak maksimal.

Instrument Pendukung Metode Pemisahan Secara Evaporasi

Chiller, FL1201 ini kontrol temperatur dengan range -20oC sampai 40oC dengan kapasitas bath 12 – 17 liter dan flow rate 23 liter/menit.

 

 

 

 

 

 

 


3.    Vacuum pump

Instrument Pendukung Metode Pemisahan Secara Evaporasi

Vaccum pump digunakan untuk mengkondisikan vakuum pada sampel dengan menurunkan tekanan absolute. Dengan diturunkannya tekanan maka proses pemanasan yang menghasilkan uap panas berisi pelarut dapat lebih cepat dipisahkan. Tekanan yang rendah menyebabkan temperatur ikut rendah, sehingga pemisahan senyawa ini dapat terjadi dibawah titik didih pelarut. Hal ini dilakukan agar sampel tidak ikut menguap bersama pelarut dan secara lebih cepat pemisahan dapat terjadi.

SC920, KNF adalah vacuum pump dengan kontrol tekanan yang dapat adjust sesuai kebutuhan. 

Data Teknikal :

Ultimate pressure   : maks 2 mbar abs

Flow rate                   : 21 liter/menit

 

 

Referensi :

1. KNF, Rotary Evaporator, RC900 di KNF dan distributor KNF di indonesia

2. KNF, Vacuum supply, SC920 di KNF dan distributor KNF di Indonesia

3. Julabo, Recirculating Cooler, FL1201 di JULABO dan distributor JULABO di Indonesia

Previous Article

Monitoring Desinfektan

Thursday, 16 June 2016
VIEW DETAILS

Next Article

Analisa Kualitatif dan Kuantatif Pada Senyawa Organik Menggunakan Spektrofotometer Uv-Vis

Friday, 22 July 2016
VIEW DETAILS