Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
KADAR AIR (WATER CONTENT) DALAM MINYAK NABATI

KADAR AIR (WATER CONTENT) DALAM MINYAK NABATI

Wednesday, 07 February 2018

     Minyak nabati yang digunakan untuk keperluan industri harus memenuhi standar mutu. Persyaratan mutu dari minyak tersebut salah satunya adalah kadar air (water content). Jika  di dalam  minyak  terdapat  air maka  akan mengakibatkan  reaksi  hidrolisis  yang  dapat  menyebabkan  kerusakan  minyak,  menyebabkan perubahan rasa dan bau tengik pada minyak. Air  yang  ada  dalam  minyak  juga dapat  dijadikan sebagai  media  pertumbuhan mikroorganisme yang dapat menghidrolisis minyak.

     Analisis water content  dapat dilakukan dalam beberapa metode, salah satunya yaitu dengan metode Karl Fischer (KF). Pereaksi Karl Fischer sangat sensitif terhadap air, sehingga metode ini dapat diaplikasikan untuk analisis kadar air yang mempunyai kandungan air sangat rendah seperti minyak/lemak. 

Metode titrasi kadar air (water content) menurut Karl Fischer

Penentuan kadar air berdasarkan atas perubahan belerang oksida dan iod serta air dengan adanya piridin dan methanol menurut persamaan reaksi berikut :

I+ SO+ CH3OH + H2O I--> 2 HI + CH3HSO4

Selama proses titrasi terjadi reaksi reduksi iodin oleh sulfur dioksida dengan adanya air. Reaksi reduksi iodin akan berlangsung sampai air habis yang ditunjukkan dengan munculnya warna coklat akibat kelebihan iodin.

     Penetapan water content dalam minyak nabati menggunakan titrasi karl fischer diatur dalam ISO 8534:2017. Metode titrasi KF dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Teknik Volumetrik : menambahkan reagen ke sampel hingga mencapai titik akhir. Jumlah air dalam sampel ditentukan dengan jumlah volume reagen yang ditambahkan sampai mencapai titik akhir. Pereaksi karl fischer pada metode ini sangat tidak stabil dan peka terhadap uap air oleh karena itu sebelum digunakan pereaksi harus selalu distandarisasi.
  • Teknik Kulometrik :Iodine dibuat dengan elektrolisis dari reagen karl fischer, dimana campuran reagen karl fischer dan pelarut ditambahkan ke dalam sampel. Arus listrik terjadi sampai mencapai titik akhir titrasi. Pengukuran dihitung dari jumlah arus listrik yang dibutuhkan untuk elektrolisis.
  Kulometrik Volumetrik

Jumlah air dan

Jumlah sampel

Sedikit

Sedikit

Medium dan banyak

Sesuai jumlah sampel

Jenis sampel

Liquid

Gas (KF oven)

Solid sampel (dengan oven)

Solid

Liquid

Preparasi dan penambahan sampel

Langsung dengan syringe

Gas inlet dengan oven

Ekstraksi eksternal

Sampel padatan dievaporasi dengan sebuah oven

Langsung dengan syringe

Gas inlet dengan oven

Ekstraksi eksternal

Sampel padatan dievaporasi dengan sebuah oven

Metode kerja

Sangat cepat

Sangat sederhana

Cepat

Sederhana

Working range

µg range

10 µg sampai 5 mg air

mg range

200 µg sampai 50 mg air

Kualitas Cukup baik untuk jumlah air yang sedikit > 400 µg Cukup baik untuk jumlah air >5 mg air (±0,5%, diperlukan standarisasi)
Reproducibility RSD ± 1% untuk air >400 µg RSD ± 1% untuk air > 5mg

 

     Oleh karena kandungan air dalam minyak nabati (vegetable oil) sangat rendah maka penetapan water content dengan metode karl fischer dalam sampel tersebut lebih cocok  menggunakan teknik kulometrik. TitroLine® 7500 KF trace adalah salah satu titrator yang dimiliki SI Analytics yang cocok digunakan untuk penetapan kadar air dalam minyak nabati. 

Gambar 1. TitroLine 7500 KF Trace

     TitroLine® 7500 KF trace adalah spesialis untuk penetapan kandungan air yang rendah dalam sampel. Dengan online display dari kurva pengukuran, aliran pengukuran dan jumlah pemakaian pelarut, membuat monitoring menjadi akurat dari proses titrasi dan dapat memutuskan reaksi samping yang tidak diinginkan dengan segera. TitroLine® 7500 KF trace dilengkapi beberapa keunggulan seperti cepat, mudah, presisi dan adanya metode standar untuk aplikasi yang berbeda, membuat TitroLine® 7500 KF trace sangat cocok digunakan untuk analisis kadar air dalam minyak nabati.

Daftar Pustaka:

http://www.cscscientific.com/csc-cientific-blog/bid/79426/coulometric-or-volumetric-karl-fischer-which-should-i-use. Diakses hari Selasa tanggal 6 Februari 2018.

https://slideus.org/the-philosophy-of-money.html?utm_source=kadar-air-dalam-minyak-    goreng-metode-karl fischer. Diakses hari Selasa tanggal 23 Januari 2018.

http://www.si-analytics.com/fileadmin/upload//Publ/Titration/Anwendung/UK/TL-7500-KF-trace-Water-in-vegetable-oil_120KB_English-PDF.pdf. Diunduh hari Selasa tanggal 23 Januari 2018

International Standarization Organization. 2008. ISO 8534:2008. Animal and Vegetable Fats and Oil- Determination Water Content-Karl Fischer Method.

Nadia, Lula. Analisis Kadar Air Bahan Pangan. Modul Praktikum Kimia dan Analisis Pangan.

 

 

Previous Article

SEMINAR MONITORING SUHU

Wednesday, 20 September 2017
VIEW DETAILS