Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Karakterisasi Liposom Sebagai Penghantar Obat  Menggunakan Metode Dynamic Light Scaterring

Karakterisasi Liposom Sebagai Penghantar Obat Menggunakan Metode Dynamic Light Scaterring

Thursday, 17 December 2015

Liposom adalah gelembung kecil (vesikel), terbuat dari bahan yang sama sebagai membran sel. Sebagai pembawa obat yang mirip dengan membrane biologis, Liposom merupakan zat yang biokopatible yang sangat baik di bidang medis. Liposom tidak hanya menghantarkan obat dengan konsentrasi tinggi, tetapi juga memungkinkan obat tertuju pada sel atau organ spesifik. Oleh karena itu penggunaan Liposom dapat mengurangi efek samping obat Karena distribusi obat ke sel atau organ lain dapat dikurangi. Aplikasi in vivo saat ini liposom dapat digunakan dalam diagnosis, kemoterapi kanker, terapi imun dan terapi gen. partikel liposom dapat terakumulasi dalam tumor padat sebagai hasil dari efek peningkatan permeabilitas dan retensi (Efek EPR) jika ukuran partikel liposom 100-200 nm. Maka dengan itu ukuran partikel dari liposom yang digunakan untuk sangat mempengaruhi hasil kinerja liposom yang diinginkan.  

Pada studi yang telah dilakukan pengukuran diameter partikel dan zeta potensial liposomes (Sigma, Liposome Kit (L-α-phosphatidylcholine (egg yolk), 63 µmol; stearylamine, 18 µmol; and cholesterol, 9 µmol)). Sampel di saring dengan menggunakan filter dengan ukuran diamtere pori 0,2 μm dan di analisis dengan menggunakan metode dynamic light scattering.  Dari hasil pembacaan diperoleh nilai distribusi diameter partikel (gambar 1) dan rata-rata diameter partikel (gambar 2).-OR-

Gambar 1. Ukuran distribusi partikel liposom

Gambar 2. Zeta potensial distribusi partikel liposom

Referensi :

1. Beckman Coulter Application Notes, Characterization of Liposomes Using DelsaNano., 15 Desember 2015., Diunduh di https://www.beckmancoulter.com/wsrportal/wsr/industrial/applications/pharmaceuticals/index.htm.

Previous Article

Limbah Cair Industri

Monday, 26 October 2015
VIEW DETAILS

Next Article

Quality Control Injeksi Fat Emulsion Sebagai Bahan Dasar Obat Menggunakan Coulter Counter

Friday, 18 December 2015
VIEW DETAILS