Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Kekeruhan dalam Air Minum

Kekeruhan dalam Air Minum

Wednesday, 13 November 2019
Kekeruhan, ukuran kekeruhan atau kekaburan cairan, pada awalnya dimaksudkan sebagai ukuran kualitatif dari estetika air minum. Ini bukan ukuran partikel aktual di dalam air; ia mengukur seberapa besar partikel-partikel itu memengaruhi cahaya yang ditransmisikan melalui air, atau bagaimana cahaya itu memantulkan partikel di dalam air. Desain dan metode kekeruhan saat ini telah diatur dalam upaya untuk membawa konsistensi kuantitatif pada pengukuran untuk kualitas air minum yang bersifat estetika dan patogen.
 

Peran Turbiditas dalam Pengolahan Air Minum Saat Ini


Alasan utama untuk mengukur kekeruhan dalam air minum adalah untuk memastikan pekerjaan terbaik menghilangkan patogen penyebab penyakit yang ditularkan melalui air. 
Kekeruhan adalah salah satu pengukuran yang dilacak sebanding dengan wabah, yang mengarah pada kesadaran bahwa kekeruhan dapat digunakan untuk memantau patogen yang sangat berbahaya.
Nilai dari pembacaan kekeruhan bukanlah bahwa ia dapat memberi tahu secara spesifik berapa banyak patogen yang mungkin terkandung dalam suatu sampel, tetapi ia memberi tahu secara relatif seberapa banyak atau sedikit partikel reflektif yang mempengaruhi kejernihan sampel, bahkan jika mereka tidak terdeteksi dengan mata manusia.

Pengukuran kekeruhan biasanya diambil dari beberapa lokasi di instalasi pengolahan air (IPA).

Sumber Air Minum
Pembacaan kekeruhan air sumber dapat memberikan ide yang baik tentang persyaratan perawatan pra-filtrasi (mis. Flokulasi, koagulasi, dll.) Yang dapat mencegah filter kelebihan beban. Mereka bernilai khusus untuk WTP yang menggunakan air permukaan atau sumber air campuran di mana kualitas dan kekeruhan sangat bervariasi.

Pra-Filtrasi
Kekeruhan diukur pra-filtrasi untuk memverifikasi efektivitas proses koagulasi, flokulasi, dan klarifikasi. Mampu membandingkan pemantauan kekeruhan sebelum dan sesudah filtrasi memberikan indikasi efektivitas filtrasi.

Pasca Filtrasi
Pemantauan kekeruhan dari limbah filter individu dan gabungan diperlukan untuk pemenuhan terhadap peraturan. Pengukuran dilakukan untuk memastikan bahwa patogen belum berhasil melalui sistem filtrasi konvensional dan / atau membran WTP. Idealnya, ini adalah proses berkelanjutan yang memungkinkan operator instalasi bereaksi terhadap kondisi gangguan potensial dengan cepat dan menjaga persyaratan. Memantau aliran penyaringan atau tepi membran terpisah sebelum aliran tersebut digabungkan ulang juga membantu mengoptimalkan langkah perawatan dan pembersihan filter dengan mendokumentasikan penurunan kinerja atau kegagalan aliran oleh aliran. Turbidimeter juga digunakan untuk membaca kejernihan air backwash untuk menghindari prosedur backwash berjalan lebih lama dari yang diperlukan.

Limbah Tanaman Terakhir
Bacaan kekeruhan tambahan juga dapat diambil pada titik di mana air memasuki sistem distribusi air. Ini bisa menjadi sangat penting ketika pengolahan air dan distribusi air ditangani oleh organisasi yang terpisah. Pembacaan kekeruhan tambahan juga dapat dilakukan di beberapa titik lain di jaringan distribusi untuk memantau setiap perubahan kualitas air saat mengalir melalui sistem.

Turbidimeter laboratorium TU5200 adalah bagian dari turbidimeter online dan laboratorium seri Hach TU5, yang dirancang khusus untuk air minum.

Blok optik dari turbidimeter menampilkan Teknologi Deteksi 360 ° x 90 °, dimana instrumen mengukur kekeruhan tidak hanya dari cahaya yang dipantulkan pada satu titik pada 90 ° dari cahaya yang datang, tetapi lebih dari radius penuh (360 °) di sekitar 90 ° dari cahaya datang.

Dengan cara ini, turbidimeter lab TU5200 memberikan presisi dan sensitivitas tingkat rendah terbaik sambil meminimalkan variabilitas dari pengujian ke pengujian. Untuk pertama kalinya Anda akan dapat menghapus ketidakpastian pengukuran yang dapat dipercaya, berkat Teknologi Deteksi 360 ° x 90 ° yang identik di lab. Dengan TU5 turbidimeter, Anda dapat merasa yakin bahwa Anda mengendalikan kekeruhan pada instalasi air minum Anda.

 
Referensi:
www.hach.com
kumparan.com
 

Previous Article

Shelf Life Testing untuk Dairy Products

Tuesday, 08 October 2019
VIEW DETAILS

Next Article

UDK sebagai Alat Analisa Sulfit pada Sampel Makanan

Wednesday, 27 November 2019
VIEW DETAILS