Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Metode Filtrasi Vakum

Metode Filtrasi Vakum

Tuesday, 31 May 2016

Berdasarkan artikel mengenai proses filtrasi pada www.analisakimia.com yang menjelaskan mengenai teknik filtrasi. Salah satu teknik filtrasi menggunakan vakum, yaitu suatu metode filtrasi yang menggunakan pompa vakuum sebagai gaya pendorong agar proses filtrasi menjadi lebih cepat. Pompa vakum sebagai pendamping proses tersebut, dimana merupakan alat untuk mengeluarkan molekul-molekul gas dari dalam ruang tertutup untuk mencapai tekanan vakum. Adanya pompa vakuum akan menarik cairan melewati suatu media filter (kertas saring) sehingga lebih cepat dibanding tanpa bantuan pompa.

Filtrasi merupakan metode pemisahan padatan dari cairannya sehingga user dapat mengambil padatan yang tertahan di media filter atau cairan (filtrat) yang melewati media filter. Dalam aplikasi filtrasi di laboratorium, media filter adalah kertas saring atau membran. Media filter tersebut memiliki pori-pori yang berbeda diameternya, menyesuaikan ukuran partikel yang akan disaring. Tujuannya agar padatan yang ingin dipisahkan tertahan di atasnya. User dapat memilih kertas saring yang digunakan menyesuaikan aplikasinya. 

Untuk aplikasi penentuan nilai TSS suatu sampel limbah biasanya menggunakan kertas saring dengan ukuran 0.45 µm sedangkan untuk pemurnian sampel dari cemaran mikroba, sel atau partikel kecil menggunakan membran dengan ukuran 0.05 – 0.5 µm.

Peralatan laboratorium yang diperlukan untuk proses filtrasi diantaranya :

1.    Membran Filter

Membran filter merupakan salah satu media filter untuk memisahkan partikel/mikroba/sel dari campurannya (filtrat). Membran terbuat dari selulosa/PTFE/polyamide/polycarbonate/polyether sulfone karena itu membran dapat tahan terhadap panas bila membran disterilkan terlebih dahulu sebelum dipakai. Membran biasa digunakan untuk keperluan filtrasi lab mikrobiologi.

Gambar 1. Contoh membran selulosa nitrat

2.    Kertas Saring

Kertas saring sebagai media filter. Pemilihan kertas saring harus tepat dimana diameter ukuran pori kertas saring harus sesuai dengan aplikasi yang akan dilakukan. Selain itu diameter pori tidak melebihi pori corong buchner. Penggunaan kertas saring juga harus diperhatikan cara melipatnya dengan tujuan mempercepat proses penyaringan. Berikut adalah contoh  melipat kertas saring (Gambar 1)

              Gambar 2. Contoh cara melipat kertas saring

             Gambar 3. Contoh kertas saring yang sudah siap digunakan

Munktell adalah salah satu Brand penyedia kertas saring yang memiliki banyak jenis ukuran kertas saring sehingga sesuai untuk kebutuhan laboratorium.

Gambar 4. Munktell Filter Paper

3.    Corong buchner

             Gambar 5. Buchner Funnel dan Hirsch Funnel

Corong buchner adalah corong yang sering digunakan dalam filtrasi.

4.    Buchner Flask

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 6. Vacuum Filter Flask

Flask ini digunakan sebagai penampung filtrat saat proses filtrasi. Pada bodi flask terdapat adaptor yang berfungsi sebagai penyambung dengan selang vakuum pump

5.    Pompa Vakum

Pompa vakum diperlukan sebagai pendorong aliran air melewati media filter agar lebih cepat. Vakum yang dibutuhkan untuk filtrasi tidak perlu tekanan absolut yang terlalu besar, biasanya digunakan dengan range 250 - 100 mbar abs. Pompa Vakuum KNF memiliki banyak tipe untuk beberapa aplikasi.

Pada gambar disamping adalah salah satu tipe pompa vakum yang dapat digunakan untuk proses filtrasi. Pompa ini memiliki tekanan absolute sampai 100 mbar abs dan laju alir 15l/min.

 

 

Gambar 7. Vacuum pump KNF tipe N 022 AN.18

 

 

Referensi :

[1] http://analisakimia.com/2016/05/proses-filtrasi/

[2] www.chem.ucalgary.ca/courses/351/laboratory/filtration

[3] Munktell filter paper di Munktell dan di Distributor di Indonesia

[4] Vacuum pump N 022 AN.18 di KNF dan di Distributor di Indonesia

 

 

Previous Article

Analisa Protein dengan Metode Kjeldahl

Monday, 09 May 2016
VIEW DETAILS

Next Article

Monitoring Desinfektan

Thursday, 16 June 2016
VIEW DETAILS