Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Muffle Furnace untuk Parameter Hilang Pijar dalam Semen

Muffle Furnace untuk Parameter Hilang Pijar dalam Semen

Tuesday, 17 December 2019

 

Hilang Pijar

Hilang pijar (lost of ignition) merupakan salah satu parameter untuk menentuan kualitas semen. Tujuan pengujian hilang pijar adalah untuk mengetahui zat yang hilang dan mudah terbang yang ada didalam sampel. Parameter hilang pijar ini tercantum dalam SNI 15-2049-2004.

Selain pada semen, hilang pada pemijaran adalah tes yang digunakan dalam analisis kimia anorganik khususnya dalam analisis mineral dengan jalan memijarkan contoh pada suhu tertentu, sehingga zat mudah terbang akan terlepas sampai pada posisi konstan. Pengujian sederhana biasanya dilakukan dengan menempatkan beberapa gram bahan dalam wadah yang telah diketahui bobotnya kemudian dimasukkan kedalam tungku atau tanur (furnace) yang suhunya dapat dikontrol dan ditempatkan selama waktu tertentu. Setelah itu didinginkan dan ditimbang kembali, proses pemanasan dapat diulang untuk memastikan bahwa sudah tidak terjadi perubahan berat. Variasi dari pengujian ini adalah perubahan yang diakibatkan oleh suhu, hal ini disebut Thermogravity (Rudianto. 2010).

Hilang pijar dilaporkan sebagai hilangnya bagian dari suatu material atau oksida dari suatu mineral. Zat mudah terbang pada hilang pijar adalah air terikat dan karbon dioksida dari karbonat, dan ini dapat digunakan sebagai pengujian kualitas. Hilang pijar pada semen terutama terutama disebabkan oleh terjadinya penguapan air. Kristal yang berasal dari gypsum serta penguapan CO2. Pada semen yang baru diproduksi, nilai hilang pijar berkisar antara 0,5 % - 0,8 % sesuai dengan jumlah Kristal yang terdapat di gypsum (Supatmo,Lilo. 2011).

 

Tanur (Furnace)

Tanur atau tungku pembakaran (furnace) yang digunakan untu parameter hilang pijar pada semen ini biasa digunakan di laboratorium untuk mengabukan atau memijarkan bahan pada suhu tinggi. Tanur biasanya digunakan mengabukan atau mengarangkan zat pada analisis gravimetri.

Muffle furnace L5/11/ B410 adalah tanur yang cocok digunakan untuk penetapan hilang pijar pada semen. Suhu yang muffle furnace yang mencapai 1100⁰C diperlukan untuk parameter hilang pijar pada semen.

Gambar 1. Muffle Furnace L5/11/B410 Nabertherm

 

 

 

 

 

 

Referensi:

http://eprints.polsri.ac.id/4062/3/3.%20BAB%20II.pdf

https://www.scribd.com/doc/85738363/Tanur-Muffle-Furnace

medium.com

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132256207/pendidikan/sni-15-2049-2004.pdf

Previous Article

Kelarutan Obat menggunakan Orbital Shaker

Tuesday, 03 December 2019
VIEW DETAILS

Next Article

Penentuan Mutu Pupuk Urea Menggunakan UDK 139

Thursday, 19 December 2019
VIEW DETAILS