Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Neraca Laboratorium

Neraca Laboratorium

Friday, 12 April 2019

Metode utama yang akan Anda gunakan untuk mengukur jumlah bahan kimia adalah menimbang- yaitu, untuk menentukan massa bahan kimia tersebut. Untuk melakukan ini, Anda menggunakan neraca (balance). Anda akan mengunakan dua neraca: neraca presisi (precission balance/top loading balance) dan neraca analitik (analytical balance).

 

Aturan Umum untuk Menggunakan Neraca

Jangan meletakkan bahan kimia secara langsung pada pan neraca kecuali jika tidak reaktif dan pada suhu kamar. Wadah, gelas, atau potongan logam dapat digunakan secara langsung pada pan neraca, tetapi untuk kebanyakan bahan kimia, anda harus menggunakan wadah untuk bahan kimia(Wadah, tentunya dari bahan kimia, tapi wadah tidak reaktif). Alasan untuk aturan ini karena banyak bahan kimia yang bereaksi dengan pan neraca. Beberapa dapat menarik kelembaban dan menyebabkan korosi. Residu yang menempel pada pan dapat mengganggu penimbangan. Selain itu dapat juga mengkontaminsasi bahan kimia lain yang ditimbang di kemudian dengan cara yang sama. Jadi, dibandingkan dengan penimbangan langsung pada pan, selalu timbang bahan kimia di dalam atau pada sesuatu, seperti kaca arloji, piala gelas atau kertas timbang. Ketika anda melakukan penimbangan, ingat untuk menimbang wadah terlebih dahulu atau menyesuaikan beratnya.

 

Berhati-hatilah agar tidak menumpahkan bahan kimia pada atau disekitar neraca. Jika terjadi, segera bersihkan. Jika karena alasan tertentu neraca tidak dapat disesuaikan dengan benar, segera beritahu teknisi. Jangan mencoba untuk memperbaiki sendiri. Ketika sudah selesai, kembalikan beratnya menjadi nol. Kemudian neraca siap digunakan oleh personal berikutnya

 

 

Memilih Neraca Yang Tepat Untuk Penimbangan

 

Semua penimbangan di laboratorium kimia dilakukan dengan neraca. Bagaimanpun tergantung pada persyaratan dari percobaan yang dilakukan, neraca yang berbeda dapat digunakan. 

Persiapan pengerjaan, seperti mengukur reagent tidak membutuhkan keakuratan yang tinggi. Contoh, jika prosedur percobaan membutuhkan 1.0 gram reagen yang diketahui melebihi reaksi, sebanyak 0.9 atau 1.1 gram sangat dapat diterima. Untuk tujuan ini, neraca presisi laboratorium dapat digunakan untuk memperoleh massa awal dan perkiraan masssa yang berada dalam kisaran yang ditentukan prosedur itu. Kemudian ditentukan massa sampel yang lebih akurat sebelum dilaporkan dalam laporan. Neraca presisi laboratorium adalah perangkat elektronik yang relative sederhana untuk mengukur masa suatu objek sampai ketidakpastian ±0.02 gram, sehingga sesuai untuk aplikasi preparasi di laboratorium kimia.

 

Gambar 1. Neraca presisi (Precission Balance)

 

Dalam pengerjaan analitik, seperti menentukan masa yang tepat dari sebuah endapan garam timbal  diisolasi dengan cermat dari larutan, neraca anatik harus digunakan untuk meminimalkan ketidakpastian. Neraca analitik adalah instrument yang sangat sensitive lebih rentan terhadap kesalahan dari kondisi lingkungan dan membutuhkan kehati-hatian pengoperasian yang lebih daripada neraca standard. Neraca ini mengukur massa objek dengan ketidakpastian ±0.00002 gram dan digunakan kapan saja pada saat penentuan massa yang sangat akurat dibutuhkan.

 

Gambar 2. Neraca Analitik ( Analytical Balance)

 

Catatan teknis untuk penimbangan yang lebih akurat

Di bawah ini adalah beberapa petunjuk umum untuk meningkatkan akurasi pengukura massa, untuk neraca apapun yang digunakan.

 

Timbang objek pada suhu ruang
Hangat atau panas suatu objek akan menciptakan arus konveksi di udara sekitar neraca. Gaya fluktuasi ini mengurangi tekanan udara pada pan neraca dan sulit untuk mendapatkan pembacaan yang stabil.
Timbang hanya objek yang kering
Kelembaban dapat mengkorosi pan neraca. Penguapan kelembaban dspat menyebabkan pembacaan yang tidak stabil. 
Gunakan perkiraan jumlah kemudian timbang secara akurat. Perkiraaan jumlah harus ditimbang dengan neraca standard dan ditimbang secara akurat dengan neraca analitik.
Gunakan perkiraan jumlah kemudian timbang secara akurat.
Contoh, jika dalam manual lab menginstruksikan untuk menimbang 0.8 gram bahan,kisaran 0.7-0.9 gram yang ditimbang dengan neraca analitik dapat diterima.Jika menimbang secara tepat 0.8000 gram akan membutuhkan waktu yang lama. Sebaliknya, timbang kira-kira sampel yang diukur dengan neraca analitik untuk mendapatkan massa yang akurat. Massa ini, akurat hingga 0.1 mg, dan dapat dinyatakan dalam laporan
Gunakan neraca yang sama
Sangat penting untuk menggunakan timbangan/neraca terutama jika perhitungan memerlukan lebih dari satu pengukuran massa, karena setiap perangkat kemungkinan dikalibrasi sedikit berbeda
Gunakan weight boat
Weight boat adalah wadah yang digunakan untuk mencegah reagen kontak dengan pan neraca. Weight boat terbuat dari polipropilene, plastic yang tidak menyerap air, tidak mahal dan tidak butuh ditangani secara hati-hati. Jika robek atau kotor dapat dibersihkan dengan diseka
 
 
Untuk memilih neraca laboratorium yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan anda, SAKA sebagai distributor resmi KERN menyediakan beberapa pilihan baik analytical balance maupun precission balance:
 
Analytical Balance:
 
Gambar 3. ABJ 320-4NM
 
Gambar 4. ABJ 220-4NM
 
Gambar 5. ABS 220-4N
 
 

Precission Balance:

1. KB 3600-2N

Gambar 6. KB 3600-2N

2.  KB 2000-2N

Gambar 7. KB 2000-2N

3. EW 6200-2NM

Gambar 8. EW 6200-2NM

 

 

Referensi:

http://www.chem.science.unideb.hu/Pharm/Notes3.pdf.

www.kern-sohn.com

http://www.saka.co.id

Previous Article

Ultrapure Water untuk HPLC

Wednesday, 27 March 2019
VIEW DETAILS