Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Penentuan Gelatin pada Kertas

Penentuan Gelatin pada Kertas

Monday, 30 December 2019

Kertas adalah bahan yang terbuat dari kayu pohon yang diubah menjadi bubur kertas (pulp) dan diproses lebih lanjut sehingga menghasilkan lembaran – lembaran. Pada prosesnya, kayu akan diolah dalam de-barking drum dan berlanjut pada chipper dan diolah selanjutnya pada thermo-mechanical refiner dan dibuat menjadi kertas. Secara singkat proses ini digambarkan pada Gambar 1 yang detail tahapnya adalah sebagai berikut:

  1. Preparasi Material

    Pada tahap ini kayu telah diterima dalam bentuk yang berbeda dan bergantung pada pupling process dan material asalnya. Kayu kayu ini haruslah dikuliti (de-barked) dengan penambahan air sebagai pencuci serta dipotong dengan ukuran bulat. Kemudian potongan – potongan kayu ini akan masuk pada proses pulping untuk diolah secara kimia.

  2. Pemisahan Serat

    Pada tahap ini, dilakukan beberapa tahap seperti pengolahan serpihan kertas dalam digester pada suhu spesifik. Hal ini bertujuan untuk memisahkan lignin terlarut dan ekstrak lainnya. Setelah tahap pemisahan, dilakukan proses pemasakkan bubur pada vessel bertekanan sehingga uap dan komponen volatil akan menguap. Setelahnya, bubur ini dikembalikan pada siklus kimia rekoveri serti dilakukan refining dan thermomechanical sehingga menghasilkan refining pulp dan thermomechanical pulp dan dilakukan grounding pada keduanya.

    Tahap kedua setelah proses refining, pulp dicetak, dibersihkan dan dikeringkan untuk persiapan pembuatan kertas.

  3. Proses Bleaching (Pemutihan)

    Pada proses ini dilakukan pemutihan bubur untuk menghilangkan zat – zat pengotor. Pada tahap ini juga dilakukan penghilangan serat dengan melarutkan lignin tambahan melalui proses klorinasi dan oksidasi.

Gambar 1. Alur Pembuatan Kertas

Beberapa proses tambahan mungkin diberlakukan sesuai dengan kebutuhan kertas yang diinginkan seperti penambahan zat adhesives yang digunakan sebagai agen pengikat (bonding agent) untuk memperkuat tekstur dalam waktu tertentu, contohnya seperti gelatin atau animal glue. Gelatin atau animal glue ini merupakan protein yang terhidrolisis. Gelatin ini dapat diuji dengan menggunakan metode kjeldahl berdasarkan TAPPI Standard T418 05-61 dan ASTM D982-16. Namun dalam lingkupnya jika terdapat senyawa nitrogen lainnya seperti resin golongan amida atau polimer amida, penentuan nitrogen gelatin akan sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan ikatan yang terdapat didapatnya yang sama sama mengandung Nitrogen sehingga nilai residu nitrogen yang terhasilkan dapat tercampur satu sama lain dan menghasilkan hasil yang kurang akurat.

Meski Metode Kjeldahl pada TAPPI Standard T418 05-61 dan ASTM D982-16 menggunakan prinsip metode kjeldahl, namun metode ini adalah modifikasi metode kjeldahl. Perbedaannya terdapat pada tahap digesi (digestion). Metode kjeldahl umumnya menggunakan asam sulfat dengan katalis tembaga sulfat dan kalium sulfat, namun berdasarkan TAPPI Standard T418 05-61 dan ASTM D982-16 methode kjeldahl ini menggunakan asam sulfat dan kalium sulfat untuk meningkatkan titik didihnya dan merkuri oksida sebagai katalis.

Namun meski berbeda katalis yang digunakan, kedua metode tetaplah sama seperti yang telah disampaikan pada artikel sebelumnya, yang terdiri dari tahap Digestion, Distillation, dan Titration. Pada tahap treatment (digestion) ini material organik akan terdekomposisi dan nitrogen akan tinggal sebagai ammonium sulfat dalam asam kemudian dibuat menjadi basa dan pada tahap akhirnya dititrasi dengan larutan asam.

Gambar 2. Skema Pengujian Kjeldahl

Rangkaian alat yang direkomendasikan adalah seri DK yang disertai dengan JP Pump dan SMS Scrubber. Untuk tahap destilasi dapat digunakan Unit Distillation Kjeldahl Series (UDK) dengan pilihan yang beragam UDK139, UDK149, dan UDK159. Khusus untuk instrument UDK159, instrument ini telah dilengkapi dengan internal titrator yang dapat mengukur kadar nitrogen dari 0 hingga 200 mg.

Gambar 3. Skema Alat Analisa Kjeldahl

Gambar 4. Alat UDK Series

 

Referensi :

  1. Ochre Media. 2019. Pulp and Paper Manufacturing Process in the Paper Industry, https://www.pulpandpaper-technology.com/articles/pulp-and-paper-manufacturing-process-in-the-paper-industry

  2. American Society for Testing and Materials. 2016. ASTM D982- 16, https://www.astm.org/Standards/D982.htm

  3. Technical Association of The Pulp and Paper Industry. Organic Nitrogen In Paper and paperboard, Test Method 418 -17, https://imisrise.tappi.org/TAPPI/Products/01/T/0104T418.aspx

  4. Ochre Media. 2019. Adhessive and Chemicals - Key Ingredients in paper Industry, https://www.pulpandpaper-technology.com/articles/adhesivesandchemicals

 

Previous Article

Penentuan Mutu Pupuk Urea Menggunakan UDK 139

Thursday, 19 December 2019
VIEW DETAILS

Next Article

Alarm Praktis untuk Monitoring Suhu Frozen Food

Friday, 03 January 2020
VIEW DETAILS