Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Penentuan Kadar Lemak Kasar (crude fat) pada Keripik Kentang dengan Metode Randall

Penentuan Kadar Lemak Kasar (crude fat) pada Keripik Kentang dengan Metode Randall

Wednesday, 30 November 2016

Keripik kentang adalah salah satu jenis makanan ringan/cemilan yang disukai masyarakat dan mudah ditemukan di berbagai toko. Setiap makanan ringan yang dijual dipasaran harus memiliki label gizi yang tertera pada kemasannya. Label gizi tersebut bertujuan untuk menginformasikan kandungan gizi yang terdapat pada makanan. Gizi yang penting untuk diketahui yaitu kadar lemak.

Lemak adalah salah satu jenis lipida sederhana, yang merupakan senyawa organik heterogen yang menyusun jaringan makhluk hidup. Lemak menjadi sumber makanan yang kira-kira 40% dari makanan yang dimakan setiap hari. Lemak memiliki sifat larut dalam pelarut organik seperti benzene, eter, aseton dan kloroform serta tidak larut dalam air.

Lemak tersusun dari asam lemak – asam lemak yang saling berikatan kompleks dan asam lemak berikatan kimia dengan komponen lain dalam sampel makanan, contoh ikatan dengan karbohidrat atau protein. Asam lemak dapat diuraikan dengan menghidrolisis lemak. Analisa lemak dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kadar lemak kasar (crude fat) maupun lemak total, untuk informasi pelabelan produk makanan serta mengikuti standard baku kandungan lemak (yang seharusnya) dari produk makanan.

Salah satu metode analisa lemak yang populer adalah dengan metode ekstraksi solvent (pelarut) menggunakan soxhlet. Seorang peneliti bernama Randall mengemukakan metode ekstraksi solvent panas yang mengembangkan metode terdahulu cold solvent (solvent dingin). Ekstraksi solvent panas menjadikan penentuan kadar lemak dengan cara ekstraksi soxhlet menjadi 2 kali lebih cepat dan hemat konsumsi solvent.

Penentuan lemak kasar 

Previous Article

Pengujian Overtime BOD dengan Sensor Wireless

Thursday, 06 October 2016
VIEW DETAILS

Next Article

Katalog SAKA 2017

Friday, 03 February 2017
VIEW DETAILS