Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Penentuan Ukuran Dan Konsentrasi Partikel Di Dalam Minyak

Penentuan Ukuran Dan Konsentrasi Partikel Di Dalam Minyak

Monday, 05 October 2015

Distribusi ukuran partikel dan konsentrasi partikel dalam minyak dapat diukur dengan menggunakan metode electrical sensing zone (ESZ). Didasarkan dengan standar internasional ISO 4406 mengenai kontaminasi padatan di dalam cairan hidrolik dan pelumas. Beckman Coulter Multisizer 4 di rancang untuk d melakukan analisis penentuan ukuran dan konsentrasi partikel di dalam minyak.

Dalam analisanya dibutuhkan larutan elektrolit organik yang digunakan sebagai blanko, maupun larutan elektrolit penunjang yang ditambahkan sampel yang akan diukur. Hasil yang ditampilkan dalam bentuk jumlah partikel per millimeter 

I. Prosedur

a.1 Prepasi larutan elektrolit

Siapkan elektrolit dengan cara melarutkan 20 g NH4SCN kedalam 1 L isopropyl alkohol, kemudian di filter menggunakan membrane dilter ukuran 0,45 πm

a.2 Preparasi Sampel

Jika minyak yang diukur tidak larut di dalam larutan elektrolit, maka perlu penambahan pelarut yang mampu melarutkan minyak dan kemudian dari larutan tersebut di masukan ke dalam larutan elektrolit.

b.1 Minyak Yang Larut Di Dalam Isopropyl Alkohol

Masukan 20 mL larutan eletrolit kedalan 20 mL  Accuvette® II. Pipet 2.0 mL dari sampel minyak kedalan elektrolit, volume ini akan berbeda tergantung dari sumber asal minyak,  aduk sampai larut dan pastikan tidak ada gelembung udara.

b.2 Minyak Yang Tidak Larut Dalam Isopropyl Alkohol

10 mL Methyl Isobutyl Keton (MIK) dimasukan ke dalam gelas ukur.  Tambahkan 2.0 mL sampel minyak ke dalam larutan MIK, jumlah volume swampel minyak yang ditambahkan berbeda-beda tergantung dari sumber asal minyak. Larutan diaduk perlahan sampai homogen dan pastikan tidak ada gelembung udara. Masukan 20 mL larutan elektrolit kedalam  L Accuvette® II. Kemudian pipet 2.0 mL larutan MIK-Minyak ke dalam larutan larutan elektrolit, kemudia aduk perlahan sampai homogen dan pastikan tidak ada gelembung udara yang terbentuk.

c. Memasukan Sampel Ke Dalam MS4 Dan Dapatkan Informasi Yang Diinginkan

Masukan informasi sampel kedalam software MS4 seperti faktor dilusi, volum minyak yang digunakan. Dengan memasukan data yang dibutuhkan, maka software di MS4 akan otomatis mengkakulasi konsentrasi partikel di dalam sampel minyak.

2. Analisis Sampel

Siapkan blanko dengan mengikuti prosedur yang sama pada saat preparasi sampel, namu untuk blanko tanpa adanya penambahan sampel. Masukan blanko untuk pertama kali, kemudian masukan sampel minyak yang telah di preparasi. 

3. Hasil

Hasil dapat direpresentasikan sebagai seluruh distribusi ukuran, jumlah partikel atau jumlah partikel di atas, di bawah atau di dalam karena ukuran kategori di kisaran distribusi ukuran dengan menggunakan fitur Interpolation di Software Multisizer 4 Software.-OR-

4. Daftar Pustaka  

Diunduh dari http://www.beckmancoulter.com/wsrportal/bibliography?docname=ta-103.pdf . 5 Oktober 2015. Jakarta,Indonesia.

 

 

,

Previous Article

Analisa Ukuran Partikel Sub-Mikron dengan PIDS (Polarization Intensity Differential Scattering)

Friday, 18 September 2015
VIEW DETAILS

Next Article

Pengukuran Partikel Di Dalam Obat

Friday, 09 October 2015
VIEW DETAILS