Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
SEMINAR MONITORING SUHU

SEMINAR MONITORING SUHU

Wednesday, 20 September 2017

BAGAIMANA MONITORING SUHU DAPAT MENINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI ANDA?

Seperti yang kita ketahui bahwa pabrik yang mampu menghasilkan produk dengan konsistensi tinggi adalah pabrik yang memahami kondisi yang terjadi sepanjang lini produksi dan mampu menghadirkan produk dengan kualitas yang konsisten dengan melakukan monitoring seluruh kegiatan usaha dengan baik. Namun  tahukah anda terkadang hal sederhana dalam proses tersebut ternyata tanpa disadari dapat mempengaruhi peningkatan kualitas dan efisiensi produksi Anda.

Suhu adalah salah satu faktor terpenting sudah umum diukur dalam sistem operasional produk anda, terkadang kita menganggap remeh faktor yang satu ini, padahal sifatnya yang fluktuatif menyebabkan perubahan kualitas produk meskipun perbedaan hanya 1◦C. Oleh karena sifatnya yang fluktuatif maka monitoring suhu tidak hanya dilakukan sesaat namun monitoring suhu harus bersifat kontinu dan data monitoring dapat dipantau setiap saat.

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus penurunan kualitas produksi karena faktor suhu sehingga diperlukannya Temperature Logger untuk memonitoring suhu produk.

Kasus 1:

Sebuah perusahaan di Jerman memproduksi cairan yang sifatnya sensitif terhadap perubahan suhu. Perubahan sedikit saja temperature dalam produksi akan mempengaruhi kualitas produk mereka. Critical point temperature yang dibutuhkan pada produk mereka pun sudah ditentukan sebelumnya dengan tes laboratorium dan tidak hanya itu saja, untuk memastikan temperatur dalam lini produksi, mereka, sensor suhu tercanggih di beberapa titik dalam mesin mereka. Namun meskipun sudah dilakukan pengawasan monitoring temperatur yang ketat pada proses produksi, tetap saja hasil akhir produksi tidak konsisten.

Solusi yang diambil adalah dengan memantau suhu di tiap titik produksi dengan menggunakan temperatur sensor yang dilengkapi dengan data logger. Ebro temperature logger (EBI 11) digunakan untuk memonitoring suhu pada tiap titik produksi dan dari hasil penelitian ditemukan terjadinya perubahan suhu di beberapa titik produksi pada kondisi tertentu dan pada titik terjadi nya perubahan suhu saat terjadinya kasus tidak dipantau karena dianggap tidak perlu.Masalahpun terpecahkan, dan pihak perusahaan langsung melakukan perbaikan sistem produksi mereka

Kasus 2:

Pabrik makanan instan di Indonesia menyediakan kerupuk (cracker) sebagai pelengkap makanan instan. Dalam proses produksi ternyata kerupuk yang dihasilkan seringkali tidak konsisten. Dari mulai perbedaan warna, perbedaan tekstur, dan terkadang perbedaan rasa, tentu saja hal ini dapat merugikan perusahaan Pemanasan berlebih pada proses penggorengan dapat menyebabkan denaturasi protein, pemecahan emulsi, merusak vitamin, dan degradasi lemak/minyak. radiasi atau perlakuan lainnya yang mengakibatkan perubahan teksur dan rasa pada produk pangan, oleh karena itu monitoring suhu pada proses pengorengan harus dilakukan dengan menggunakan sensor khusus.

Food Oil Monitoring (FOM) EBRO digunakan oleh pihak pabrik untuk memonitoring kualitas pada minyak yang digunakan pada proses pengorengan kerupuk, sehingga standar kualitas minyak nya untuk proses pengorengan diperoleh. Pihak pabrik tidak hanya mendapatkan hasil akhir kerupuk yang konsisten namun juga dapat menghemat biaya produksi melalui penghematan penggunaan minyak goreng karena dengan FOM EBRO pabrik ini dapat menentukan standar minyak yang dibutuhkan, sehingga menghindari penggunaan minyak yang sudah tidak layak pakai sekaligus menghindari membuang minyak yang masih layak digunakan.

Kasus 3

Sebuah perusahaan di Eropa menerima beberapa keluhan mengenai produk dari customernya. Kita tahu bahwa costumer adalah “raja” dan kualitas produk adalah hal utama bagi kostumer untuk itu keluhan dari costumer adalah hal yang harus di prioritaskan. Sayangnya produk yang diproduksi pabrik tersebut sangat sensitif terhadap suhu, sehingga monitoring suhu di seluruh proses produksi dimonitoring, namun pada kenyataannya produk yang diterima oleh costumer masih sering tidak sesuai/rusak.

Pemantauan suhu pun diperluas tidak hanya pada proses produksi saja, namun proses distribusi (transportasi) dan proses penyimpanan di market pun dipantau. Perusahaan tersebut menggunakan EBRO EBI 25 untuk memantau suhu di alat transportasi produk dan market. Ternyata dari hasil penelitian pihak perusahaan menemukan masalah terebut yitu ditemukan perubahan suhu pada proses distribusi dan perubahan suhu di tempat penjualan,hal ini lah mengapa produk yang di terima oleh kostumer rusak, padahal saat awal hingga selesai produksi tidak ada masalah sama sekali. Atas dasar penemuan ini, maka dilakukan beberapa perubahan sistem prosedur, sehingga masalah terselesaikan.

Beberapa kasus diatas dapat menjelaskan bahwa monitoring suhu dan peningkatan efisiensi produk sangat bersinambung.

Apakah Anda ingin mengetahui bagaimana caranya meningkatkan konsistensi dan kualitas produk dengan cara menignkatkan kemampuan monitoring suhu di pabrik Anda?

Tingkatkan pengertian Anda atas operasional pabrik Anda dengan menghadiri seminar berikut:

MEASUREMENT TECHNOLOGY SOLUTIONS FOR YOUR REQUIREMENT by EBRO
Hotel IBIS
Ballroom DJAKARTA 1, Lt. 2
Jl. Hayam Wuruk No. 35 , Harmoni, Jakarta Pusat

10 Oktober 2017
Jam 09.00 wib (registrasi) s/d 16.00 wib (selesai)
*Makan siang sudah disediakan

 

SEMINAR INI TIDAK DIPUNGUT BIAYA

 

Seminar akan diberikan oleh Mr. UDO BROCKS dari Xylem untuk memberikan solusi dan contoh kasus yang terjadi di seluruh dunia. Seminar ini ideal untuk dihadiri oleh personnel yang berhubungan dengan kualitas produk, monitoring lini produksi, dan manager yang berwenang atas kualitas.

 

Untuk informasi dan menghadiri seminar ini silahkan menghubungi kami di:

PT. Sumber Aneka Karya Abadi

Contact Person

Sdri Sari 
Sdr. Fikran


Ph: 021-385 4444

 

Previous Article

SUHU DAN KUALITAS PANGAN

Sunday, 10 September 2017
VIEW DETAILS

Next Article

KADAR AIR (WATER CONTENT) DALAM MINYAK NABATI

Wednesday, 07 February 2018
VIEW DETAILS