Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Deteksi Korosi Akibat Oksigen Sedini Mungkin

Deteksi Korosi Akibat Oksigen Sedini Mungkin

Thursday, 03 September 2015

Korosi adalah suatu peristiwa terkikisnya material pembentuk pipa yang biasanya berbahan besi, yang bisa disebabkan oleh adanya oksigen terlarut dalam air dalam jumlah berlebihan. Level oksigen sebaiknya dibatasi pada range < 0.02 mg/L dan < 0.005 mg/L (untuk tekanan tinggi). Korosi sendiri cenderung dapat menyebabkan kebocoran pipa akibat keretakan.

Pada industri energi yang memiliki steam generator (boiler), korosi menjadi masalah yang lazim terjadi. Untuk air sumber yang nantinya masuk ke boiler bisa berasal dari air alam, air tersebut kebanyakan terkontaminasi seperti padatan terlarut, gas terlarut, padatan tersuspensi dan mikroorganisme. Gas yang terlarut berupa salah satunya oksigen. Pada temperatur tinggi, air akan mudah melarutkan berbagai macam zat bahkan yang tidak mudah larut sekalipun. Pada kondisi ini peristiwa korosi bisa saja terjadi. Senyawa besi pada pipa akan mengalami reaksi kimia dengan oksigen yang terlarut dalam air sehingga senyawa besi akan ikut larut  dalam bentuk hidoksidanya. 

Pentingnya deteksi dini kandungan oksigen, maka diperlukan suatu alat monitoring yang terus menerus memantau level oksigen. Sehingga pada saat level oksigen berlebihan dapat segera dilakukan tindakan. Alat monitoring tersebut dapat terpasang secara online maupun inline. 

Elektroda DO, Orbisphere K1100 menggunakan teknologi luminiscent, dimana pada elektroda terdapat 2 komponen penting diantaranya material lumiphore (material yang menangkap oksigen) dan lampu LED berwarna biru sebagai sumber cahaya reference. Elektroda ini sesuai digunakan untuk industri power, karena menggunakan sensor (bukan membran) sehingga dapat digunakan untuk pengukuran range rendah (ppb). Elektroda ini terpasang bersama dengan Controllernya Orbisphere 410 atau 510.

Artikel "Deteksi Korosi Akibat Oksigen Sedini Mungkin"

 

Daftar Pustaka

Mulianti. 2008. "Pengendalian Korosi Pada Ketel Uap". Jurnal Teknik Mesin, Vol. 5, No. 2, Desember.

Sulaiman, 2007. "Pencegahan Korosi dengan Boiler Water Treatment (BWT) pada Ketel Uap Kapal". Jurnal Kapal, Vol. 4, No. 1, Februari.

Technoart Staff. 2015. Korosi Pada Boiler. Artikel-Teknologi.com.html

Hach Company. 2012. Optical Dissolved Oxygen Measurement In Power Plant. www.hach.com

 

Previous Article

Pentingnya kalibrasi untuk instrumen

Monday, 31 August 2015
VIEW DETAILS

Next Article

Promo Page

Monday, 07 September 2015
VIEW DETAILS