Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Pemisahan Serum dan Plasma dari Darah

Pemisahan Serum dan Plasma dari Darah

Monday, 01 October 2018

Serum dan plasma adalah bagian darah yang berperan penting dalam prosedur terapi dan diagnostik pada manusia. Serum darah dan plasma darah keduanya merupakan salah dua dari zat yang ada di dalam darah. Selain serum dan plasma zat lainnya adalah sel darah merah, sel darah putih dan trombosit darah. 

Perbedaan definisi

1.Definisi serum

Serum merupakan bagian yang ada di dalam darah serta memiliki komposisi pembuatnya sama dengan pembuat plasma darah. Namun serum darah ini tidak termasuk memiliki fungsi dalam membekukan darah. Hal ini membuat serum tidak menggumpal seperti plasma darah. Jika ingin melihat keberadaan dari serum darah ini bisa dilakukan dengan cara membekukan semua agen yang ada di dalam darah kemudian agen tersebut dilakukan pemutaran progesif atau juga bisa dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dan bagian darah yang menggumpal diambil. Bagian yang tidak diambil itulah yang dinamakan sebagai serum darah. Zat yang ada di dalam serum darah mencakup elekrolit termasuk protein. Hal ini disebabkan protein tidak bisa menggumpalkan darah. Serum darah yang ada di tubuh manusia biasanya digunakan untuk mendapatkan pengujian diagnostik sedangkan serum darah pada hewan bisa digunakan sebagai vaksin baik itu vaksin anti racun dan sebagai obat vaksinasi berbagi jenis penyakit.

2. Definisi plasma darah

Lain dengan serum darah, plasma darah merupakan bagian di atas darah yang berair. Jika ingin mengamati keberadaan plasma darah ini bisa dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dan kemudian didiamkan hingga terjadi endapan dalam darah. Setelah darah sudah mengendap maka amatilah bagian darah yang mengendap antara bagian sel darah merah dan sel darah putih. Diantara kedua sel darah tersebut akan terdapat sebuah cairan seperti jerami dan cairan itulah yang dinamakan sebagai plasma darah. Plasma darah mengandung zat firbrinogen yang berfungsi sebagai pembeku darah. Jadi bentuk dari plasma darah ini juga cenderung menggumpal sedangkan zat lainnya seperti protein akan mengendap dbawahnya. Plasma bisa digunakan sebagai penelitian diagnosa terutama pada saat orang akan melakukan tranfusi terapi pada orang yang memiliki hipovotemik atau orang yang kekurangan zat yang bisa membuat darah membeku.

Perbedaan plasma dan serum darah

Terdapat beberapa perbedaan plasma dan serum darah, selengkapnya dapat disimak pada tabel berikut ini:

 

serum

plasma

bentuk

merupakan bagian dalam darah yang tidak mengandung zat pembekuan darah namun terdapat protein

merupakan bagian dalam darah yang cair namun cenderung menggumpal karena mengandung nutrisi, hormone dan zat pembeku darah

komposisi

serum mengandung zat protein, hormone, glukosa, elektrolit, antibody, antigen dan partikel tertentu. Zat yang ada didalam serum hampir sama dengan plasma darah hanya saja tanpa ada faktor pembekuan darah. Sebagai perumpaan mudahnya adalah plasma yang tidak mengandung faktor pembeku darah disebut dengan serum.

zat yang ada di dalam plasma tidak jauh berbeda dengan zat yang ada di dalam serum darah. Hanya saja plasma mengandung zat yang berfungsi sebagai zat pembeku darah.

volume

serum darah memiliki voume yang lebih kurang dari plasma darah.

plasma darah memiliki berat 55% dari keseluruhan volume darah. Plasma darah terdiri dari 93% air dan 7% terdiri dari sel darah lainnya. Plasma darah ini memiliki kerapatan 1.025 kg per meter kubik.

prosedur isolasi

untuk mengekstrak serum dari keseluruhan darah, sampel darah yang diambil bisa dibekukan. Kemudian cairan tersebut akan dapat dipisahkan menggunakan stik aplikator khusus. Cara selanjutnya adalah dengan memisahkan serum dengan bagian yang menggumpal.

untuk mengekstrak plasma darah dilakukan dengan cara memutar sampel darah dengan menggunakan mesin pemisah. Hal tersebut akan membuat sel darah mengendap di bagian bawah karena massanya lebih berat dan plasma darah akan yang berupa cairan bening akan berada di atas darah.

 

penggunaan medis

serum darah digunakan berbagai keperluan diagnosa yang kemudian berguna sebagai penentu kadar hCG, kolestrol, gula, protein dan zat lainnya yang ada di dalam darah

plasma darah sering digunakan dalam bidang medis untuk menjadi tranfusi kepada para penderita hemophilia atau penyakit yang membuat pembekuan darah lainnya, shock atau luka bakar, imunodefesiensi dan lainnya.

mengapa perlu dipisahkan?

serum darah perlu dipisahkan karena bisa lebih efektif digunakan dalam penelitian. Hal ini disebabkan karena serum darah memiliki zat antigen lebih banyak dari pada plasma atau sel darah lainnya. sedangkan plasma darah memiliki zat antikoagulan yang bisa membuat reaks kimia rusak dalam darah sehingga tidak efektif digunakan dalam proses penelitian.

plasma darah dipisahkan dengan tujuan yaitu bisa membuat usia lebih panjang, jika plasma darah dipisahkan dan disimpan dengan baik bisa bertahan hingga satu tahun lamanya. Plasma dapat terbentuk lagi 2 hingga 3 hari setelah mengalami pengangkutan.


 

Mungkin sampai pada hal ini anda sudah mengerti bukan perbedaan antara plasma darah dan serum darah. meskipun keduanya merupakan bagian yang ada di dalam darah namun harus bisa dibedakan karakteristik antara keduanya. Jika anda mengalami luka, maka yang akan berfungsi selain sel darah putih juga plasma darah karena mengandung zat fibrinogen sebagai pembeku darah. jika anda ingin melakukan penelitian pada darah anda bisa menggunakan serum darah karena akan lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan plasma darah dan sel darah lainnya.

Plasma adalah komponen cairan darah, terdiri dari 55 persen dari total volume darah. Plasma dapat dipisahkan dengan secara artifisial dengan memutar atau sentrifugasi darah pada rotasi tinggi 3000 rpm atau lebih tinggi. Sel-sel darah dan trombosit yang membentuk sekitar 45 persen dari darah dipisahkan oleh gaya sentrifugal ke bagian bawah tabung spesimen, meninggalkan plasma sebagai lapisan atas.

Serum darah lebih sulit dipisahkan dari darah karena bentuknya yang sama cair sehingga sulit dipisahkan. Berbeda dengan plasma darah yang memiliki zat pembeku yang bisa membuat plasma darah akan cenderung menggumpal sehingga plasma darah akan lebih mudah diambil atau dipisahkan dari dalam darah. plasma dan serum darah serta sel darah lainnya sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan darah dalam tubuh supaya tubuh dapat menjadi lebih sehat dan fit.

 

 

Cara memisahkan Serum

  1. Dimasukkan 2 mL darah ke dalam tabung yang bersih dan kering ( tanpa koagulan) kemudian didiamkan selama 15 menit.
  2. Kemudian disentrifugasi dengan kecepatan 3000 rpm selama 15 menit.
  3. Lapisan jernih berwarna kuning muda yang berada di bagian atas adalah serum, segera diambil dengan pipet tetes dimasukkan pada tabung yang lain yang bersih dan kering.

 

Gambar 1. Pemisahan Serum dan Plasma

 

Cara memisahkan plasma darah

  1. Disiapkan tabung yang berisi 1mg NaF yang dialirkan 1 mL darah vena ke dalam botol tersebut dari semprit tanpa jarum.
  2. Dibiarkan darah tersebut selama 5 menit.
  3. Setelah darah didiamkan kemudian di centrifuge dengan kecepatan 3000 rpm selama 15 menit.
  4. Lapisan jernih berwarna kuning muda yang berada di bagian atas plasma NaF, dan segera dipisahkan ke dalam tabung yang bersih dan kering.

 

Untuk pemisahan serum atau plasma dari darah seperti cara di atas dapat digunakan Hanil Micro-12 centrifuge. Dengan kapasitas maksimal 2 mL dan maksimum kecepatan 13000 rpm sesuai untuk pemisahan serum/plasma dari darah. Dilengkapi pula dengan timer yang dapat diatur 0-15 menit.

Gambar 2. Micro 12 Micro centrifuge Hanil

 

Untuk pemisahan plasma dan serum dengan kapasitas besar dapat digunakan Hanil Component R12 centrifuge yang bisa memuat blood bag (kantung darah) dari 250-500mL.

Gambar 3. Component R12 Hanil

 

 

http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/106/jtptunimus-gdl-suyonog0c2-5283-3-bab3.pdf

https://dosenbiologi.com/manusia/perbedaan-plasma-dan-serum-darah

https://hisham.id/2015/06/perbedaan-serum-dan-plasma-darah.html

https://www.ihanil.com/

https://rumahulin.com/fungsi-plasma-darah/

http://teknolabmedik.blogspot.com/2015/05/perbedaan-serum-dan-plasma.html

Previous Article

Analisis Lemak dan Gula pada Cokelat Menggunakan Refraktometer

Wednesday, 19 September 2018
VIEW DETAILS