Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
VELP Analisa Protein

VELP Analisa Protein

Wednesday, 12 February 2020

VELP – Analisa Protein

VELP menyediakan instrument untuk analisis nitrogen atau penentuan kadar protein dengan menggunakan metode Kjeldhal. Metode ini terdiri dari proses digesti, distilasi dan titrasi. Metode Kjeldhal merupakan metode yang umum digunakan untuk menentukan kadar protein dan nitrogen dalam sampel berupa:

  • Makanan (bahan mentah dan produk akhir),

  • Pakan hewan,

  • Tanah, pupuk,

  • Limbah cair, lumpur,

  • Minyak dan bahan bakar.

 

Tahap Digesti Sampel

VELP Scientifica menyediakan DK/DKL Series (unit digester) untuk tahap digesti sampel. Unit DK dan DKL memiliki heating block berbahan dasar alumunium sehingga memberikan homogenitas yang tinggi saat proses digesti berlangsung, dengan sistem temperatur yang akurat dan presisi hingga mencapai suhu maksimum 450°C. Pada umumnya, DK/DKL Series dapat di aplikasikan pada berbagai bidang seperti :

  • Industri Makanan dan Minuman (Analisis Nitrogen, Protein dan TKN)

  • Lingkungan ( Pengukuran COD, dan TKN)

  • Industri Kimia dan Farmasi (Pengukuran kadar nitrogen organik)

DK Series merupakan unit digester dengan kapasitas penyimpanan hingga 20 program yang dapat di atur oleh pengguna. Velp kemudian mengembangkan unit digesti DK series menjadi DKL Series yang bersifat otomatis dengan kelebihan berupa proses kalibrasi penutup yang dapat dilakukan secara otomatis, real time display untuk setiap tahapan selama proses digesti berlangsung dapat menimpan 54 program (30 pre-installed dan 24 dapat di custom oleh user), penurunan dan pengangkatan tabung tes serta pemisahan dari rak di lakukan secara otomatis.

Beberapa fitur menarik dari DK/DKL Series diantaranya dapat dioperasikan dengan enam pilihan bahasa. Selain itu DK/DKL Series juga didesign dengan ukuran yang compact sehingga lebih hemat ruang. Kelebihan lain yang di miliki adalah memenuhi standar GLP (Good Laboratory Practice) yang telah di konfirmasi oleh berbagai protokol standar seperti AOAC, ISO, EPA dan DIN.

Sebagai gambaran umum, berikut adalah tahapan yang dilakukan pada pengujian protein dengan metode Kjeldahl yang menggunakan DK/DKL Series:

  1. Perombakan ikatan antar polipeptida.

  2. Konversi polipeptida tunggal menjadi molekul yang lebih sederhana seperti H2O, CO3 dan NH3

  3. Reaksi dapat di percepat dengan peningkatan temperatur selama proses digesti dengan cara penambahn asam, garam dan bahan katalis.

  4. Selama proses digesti maka akan di produksi bahan yang dapat mengakibatkan corosive dan juga berbagai gas beracun seperti SO2 dan SO3 namu gas tersebut dapat di netralisasi menggunakan asesoris pendukung dari VELP berupa JP Pump dan SMS Scrubber.

VELP Scientifica menyediakan beragam pilihan unit digester yang bergantung pada kuantitas dan jenis tabung digester sehingga pengguna dapat memilih sesuai kebutuhan dan spesifikasi yang dinginkan, seperti dibawah ini :

DK Series

  1. DK6 (6-position with 250 ml tubes, Ø 42 mm)

  2. DK 6/48 (6-position with 300 ml tubes, Ø 48 mm)

  3. DK 8 (8-position with 250 ml tubes, Ø 42 mm)

  4. DK 20 (20-position with 250 ml tubes, Ø 42 mm)

  5. DK 20/26 (20-position with 100 ml tubes, Ø 26 mm)

  6. DK 42/26 (42-position with 100 ml tubes, Ø 26 mm)

Analisa Protein

DKL Series

  1. DKL 8 (8-position with 250 ml tubes, Ø 42 mm)

  2. DKL 12 (12-position with 250 ml tubes, Ø 42 mm)

  3. DKL 20 (20-position with 250 ml tubes, Ø 42 mm)

  4. DKL 42/26 (42-position with 100 ml tubes, Ø 26 mm)

Analisa Protein

Untuk proses yang lebih efisien dan efektif, DK dan DKL unit perlu dikombinasikan dengan unit pendukung berupa support system, sample rack, suction cap, drip tray, test tube

Selain itu untuk keamanan pengguna, VELP Scientifica menyediakan item:

yang dapat berfungsi untuk menetralkan uap toksik dan bersifat korosif yang dihasilkan pada proses digesti menggunakan DK/DKL series.

Analisa Protein

 

Tahap Distilasi dan Titrasi

VELP Scientifica menyediakan UDK (Unit distilasi) yang dapat menjadi solusi untuk analisis protein / nitrogen dengan performa yang lebih baik. UDK dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti menentukan kadar nitrogen amoniak, kadar protein, kadar nitrogen dan nitrit, fenol, asam volatil, sianida dan kadar alkohol. UDK merupakan instrument untuk pengujian protein / nitrogen dengan analasis mengacu pada metode Kjeldhal yang mencakup proses distilasi dan distilasi-titrasi.

UDK Distillation Unit di design dengan struktur dari bahan teknopolimer, sehingga kuat dan tahan terhadap bahan kimia. UDK juga didukung dengan teknologi maju yang terdiri dari generator uap dan kondenser berbahan titanium yang dipatenkan. UDK menyediakan sistem distilasi untuk analisis yang lebih efisien, mudah dan praktis. Selain itu, UDK didesign agar pengguna lebih hemat waktu, biaya, ruang, serta energi. Alat ini juga memenuhi GLP (Good Laboratory Practice) dengan standar AOAC, EPA, ISO, dan DIN.

VELP Scientifica menyediakan dan menawarkan 5 model seri UDK dengan berbagai spesifikasi sehingga pengguna dapat menentukan unit distilasi dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan performa yang sesuai, yaitu:

  • UDK 129 (Unit Distilasi)

  • UDK 139 (Unit Distilasi Semi Otomatis)

  • UDK 149 (Unit Distilasi Otomatis dengan Koneksi Titrator)

  • UDK 159 (Unit Distilasi Otomatis dan Sistem Titrasi)

  • UDK 169 (Unit Distilasi Otomatis dan Sistem Titrasi dengan Autosampler)

Analisa Protein

Berbagai fitur keamanan juga terpasang pada setiap unit UDK untuk meningkatkan keamanan pengguna, seperti:

  • Adanya pintu pelindung yang tertutup rapat untuk mencegah terjadinya tumpahan pada saat melakukan analisis.

  • Sistem me-non aktifkan listrik secara otomatis saat adanya maintenance.

  • Detektor laju aliran air pendingin yang memberikan sinyal pada saat laju aliran rendah.

  • Adanya sensor pada tabung uji untuk memastikan keberadaan tabung uji saat analisis.

  • Memiliki tuas keamanan untuk mencagah kontak dengan permukaan yang kotor.

  • Tersediannya baki untuk mengumpulkan setiap tetesan cairan pada saat proses analisis.

Seluruh seri UDK didukung dengan tabung uji yang memiliki berbagai ukuran (100 mL, 250 mL, 300 mL, 400 mL dan 1 liter) serta labu Kjeldhal (500 mL)

Distributor VELP di Indonesia

PT. SAKA (Sumber Aneka Karya Abadi) adalah distributor VELP di Indonesia. Kami tidak hanya menyediakan produk VELP saja, tetapi sebagai distributor VELP kami juga menyediakan after sales service dimana pengguna dapat bertanya perihal produk VELP yang digunakan. Kami berharap melalui keberadaan distributor VELP Indonesia, kebutuhan para kustomer terhadap barang-barang laboratorium yang diperlukan untuk analisa sampel dapat terpenuhi.

Jual Analisa Protein

Previous Article

VELP Analisa Pangan dan Pakan

Wednesday, 12 February 2020
VIEW DETAILS

Next Article

VELP Analisa Lemak

Wednesday, 12 February 2020
VIEW DETAILS