Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Penentuan Kadar Asam Laktat dengan Titrasi Potensiometri

Penentuan Kadar Asam Laktat dengan Titrasi Potensiometri

Sunday, 05 August 2018

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan adalah pengonsumsian minuman probiotik yaitu yogurt. Yogurt merupakan produk koagulasi susu yang dihasilkan melalui proses fermentasi oleh bakteri asam laktat dengan penambahan bahan lain yang diizinkan. Yogurt memiliki banyak jenis yang dikenal dipasaran namun harus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kadar asam laktat dalam yogurt dapat ditetapkan dengan metode titrasi menggunakan larutan alkali. Titrasi asam basa merupakan salah satu jenis titrasi yang dapat dilakukan dengan metode potensiometri. Pada penetapan asam-asam digunakan basa sebagai titran, demikian pula sebaliknya.

Asam laktat dikategorikan sebagai GRAS (Generally Recognized As Safe), yaitu senyawa yang aman sebagai bahan tambahan pangan bagi manusia, tetapi asam D-(-)-laktat terkadang dapat mengganggu proses metabolisme manusia dan menyebabkan asidosis (kelebihan asam) dan dekalsifikasi (kekurangan kalsium). Asam laktat dapat diproduksi melalui sintesis kimia maupun proses fermentasi. Proses sintesis kimia asam laktat dilakukan dengan menggunakan sumber berupa senyawa petrokimia. Sementara itu, pembentukan asam laktat dengan proses fermentasi dapat dilakukan oleh mikroorganisme penghasil asam laktat, yaitu kapang dan bakteri. Bakteri memfermentasi asam laktat melalui jalur Embden-Meyerhof-Parnas (EMP) yang dilakukan oleh bakteri homofermentatif maupun jalur pentosa fosfat yang dilakukan oleh bakteri heterofermentatif (Wee et al, 2006).

Penelitian mengenai asam laktat berkembang semakin pesat karena asam laktat memiliki potensi yang besar dalam pemanfaatannya pada berbagai aspek, baik pada industri pangan maupun non-pangan. Pada industri pangan, asam laktat umumnya dimanfaatkan sebagai pakan ternak (feedstock). Sementara untuk industri non-pangan, asam laktat dapat dimanfaatkan untuk industri kosmetik, kimia, maupun farmasi. Salah satu pemanfaatan asam laktat yaitu dalam bentuk polimernya menjadi plastik ramah lingkungan dari bahan PLA (poly lactic acid)/poli asam laktat (Richter and Berthold., 1998).

Potensiometri adalah suatu teknik analisis pengukuran konsentrasi sebagai fungsi dari potensial dalam suatu sel elektrokimia. Metode ini sangat berguna untuk menentukan titik ekuivalen suatu titrasi secara instrumen sebagai pengganti indikator visual. Ketelitian titrasi potensiometri lebih tinggi dibandingkan dengan titrasi visual yang menggunakan indikator. Titrasi potensiometri dapat diaplikasikan pada titrasi-titrasi redoks, kompleksometri, asam basa, dan pengendapan. Alat-alat yang diperlukan dalam titrasi potensiometri adalah elektrode pembanding, elektrode indikator dan alat pengukur potensial. Pengukuran potensial dapat dilakukan secara langsung dengan alat potensiometer atau tidak langsung melalui pengukuran pH dengan alat pH meter. Pada penggunaan alat ukur potensiometer, pembacaan potensial dilakukan pada setiap periode penambahan titran. Penambahan titran dihentikan bila nilai potensial terukur relatif tidak berubah pada penambahan volume titran, setelah terjadi lompatan potensial yang tajam. Titik setara atau titik ekuivalen dapat ditentukan dengan membuat kurva hubungan antara potensial (volt) terhadap mL titran. Volume di mana terjadi lompatan tajam dari potensial dinyatakan sebagai volume titik setara.

 

Gambar 1. kurva hubungan antara potensial (volt) terhadap mL titran

 

Kurva titrasi potensiometri (mL titran terhadap potensial). P 1.4 Praktikum Kimia 2 l Kadang-kadang kita mengalami kesulitan untuk menentukan titik ekuivalen titrasi dari kurva di atas. Untuk mempermudahnya maka dibuat kurva turunan pertama dari data potensial dan mL titran sehingga diperoleh kurva ΔE/ΔV terhadap mL titran.

Gambar 2. Cara lain yang lebih mudah dalam menentukan titik ekuivalen titrasi adalah dengan membuat kurva turunan kedua potensial, Δ2E/ΔV2 terhadap mL titran.

 

Kapan kita menghentikan titrasi? Titrasi dapat dihentikan bila penambahan titran tidak lagi menyebabkan perubahan potensial atau pH dari larutan yang dititrasi. Tetapi ini bukan merupakan titik akhir titrasi atau titik ekuivalen, seperti yang kita yakini pada titrasi dengan cara konvensional (titik akhir titrasi/titik ekuivalen terjadi saat terjadi perubahan warna indikator). Titik ekuivalen dalam titrasi potensiometri terjadi saat terjadi lonjakan potensial atau pH terhadap penambahan titran. Titik ekuivalen titrasi sangat sulit ditentukan berdasarkan data pengamatan pH atau potensial saja. Titik ekuivalen titrasi dapat dengan mudah ditentukan melalui pembuatan kurva titrasi. Kurva titrasi dapat dibuat dengan dua cara, yaitu melalui kurva potensial vs mL titran atau pH vs mL titran. Kurva pH terhadap mL titran hampir mirip bentuknya dengan kurva E vs mL titran.

Gambar 3. Kurva titrasi potensiometri (mL titran vs pH)

 

TitroLine 5000 adalah titrator otomatis dari SI Analytics yang cocok digunakan untuk menentukan kadar asam laktat. TitroLine 5000 sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur yang inovatif. TitroLine 5000 memiliki display yang sudah full color dan terdapat 2 USB port dan RS232 port . Selain untuk titrasi asam-basa, titrator otomatis ini dapat digunakan untuk titrasi redoks dan kadar garam. PT Sumber Aneka Karya Abadi adalah distributor resmi  SI Analytics dan alat laboratorium lainnya dari brand Velp, Kern, Ebro, B+S, Thermo Fisher, Memmert, Hach, Optika, Nabertherm, dan lain-lain.

Gambar 4. TitroLine 5000

 

Daftar Pustaka:

repository.ut.ac.id/4682/2/PEKI4420-M1.pdf

https://bisakimia.com/2013/02/22/asam-laktat-dan-uji-kadarnya/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makanan-dan-bakteri-asam-laktat/

 

Previous Article

Monitoring temperature pada oven dengan data logger

Thursday, 02 August 2018
VIEW DETAILS

Next Article

Titrasi

Tuesday, 28 August 2018
VIEW DETAILS