Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Refraktometer : Analog atau Digital?

Refraktometer : Analog atau Digital?

Friday, 05 June 2020

Manakah tipe Refraktometer yang tepat untuk kebutuhan Anda? Analog ataukah Digital?

Refraktometer merupakan alat yang digunakan oleh banyak pelaku industri untuk menentukan nilai indeks bias suatu material. Namun model refraktometer yang hadir pada masa kini tidak hanya diperuntukan untuk pengukuran indeks bias saja, melainkan tersedia juga banyak model dengan parameter lainnya seperti brix, salinity (% NaCl), Wine, Brew SG, Urin, % Antifreeze agent (% Ethylene glycol atau propylene Glycol), madu (%water in honey) dan model lainnya. Seiring berkembangnya waktu, pilihan model refraktometer pun semakin banyak dengan dikeluarkannya refraktometer versi digital Handheld.

Umumnya refraktometer digunakan pada industri maupun bidang tertentu untuk pengecekkan bahan baku (raw material), produk selama proses (processed product) serta produk jadi (finished product). Beberapa industri yang menggunakan refraktometer adalah :

1. Industri Makanan dan Minuman (F & B)

2. Industri Farmasi dan Kosmetik

3. Industri Oil and Fragrance

4. Industri Bahan Kimia (Chemical)

5. Industri Otomotif

6. Bidang Kesehatan

7. Peternakan Madu

 

Jenis refraktometer yang dapat digunakan pada keseluruhan bidang tersebut dapat berupa analog maupun digital. Refraktometer analog merupakan refraktometer versi manual yang telah digunakan secara turun temurun, namun banyak pelaku industri yang telah beralih dari tipe analog ke tipe digital. Sebab utama peralihan ini biasanya dikarenakan pengoperasian refraktometer digital lebih mudah dan lebih cepat serta hasil yang didapat lebih akurat dan presisi. Perbandingan antara refraktometer analog dan refraktometer digital dapat disajikan pada Tabel 1.

 

Tabel 1 . Perbandingan Refraktometer Analog dan Refraktometer Digital pada Parameter Indeks Bias (Refractive index)

Spesifikasi dan Fitur

Refraktometer Analog

Refraktometer Digital

Penjelasan singkat

Display

Skala dengan miniskus

Layar digital

Nilai yang dihasilkan Refraktometer digital lebih pasti, hasil lebih cepat didapat dengan adanya layar digital

Sensor suhu

Tidak ada sensor suhu

Terdapat sensor suhu ATC (Automatic Temperature Control)

Monitoring suhu sampel selama pengukuran lebih mudah dilakukan.

Resolusi

Umumnya 2-3 digit

Umumnya 3-4 digit

Resolusi refraktometer digital lebih tinggi sehingga nilai yang dihasilkan lebih presisi.

Akurasi

Akurasi tidak hanya bergantung pada nilai ketidakpastian alat, namun juga dari Analis.

Akurasi telah tertera pada Alat

Error” pada analisa lebih mudah dideteksi dengan menggunakan refraktometer digital dengan membandingkan hasil dengan nilai akurasi yang tertera pada Alat.

Waktu analisa

Bergantung pada analis

1-2 detik

Waktu pembacaan sampel pada refraktometer digital lebih cepat sehingga memungkinkan lebih banyak sampel yang dapat dianalisa.

 

Beberapa alasan lainnya adalah sebagai berikut :

1. Cara pembacaan pada refraktometer analog yang masih tergolong manual dan beresiko terjadinya kesalahan paralaks (kesalahan dalam melihat miniskus) pada analisa.

2. Cara pembersihan refraktometer digital lebih mudah dibandingkan tipe analog, yaitu hanya dengan menggunakan air dan kertas tissue.

 

Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa refraktometer digital lebih unggul dan lebih baik untuk digunakan pada analisa dibandingkan refraktometer analog. Namun pemilihan tipe refraktometer tetaplah disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing industri. Jika yang dibutuhkan adalah kecepatan, ketepatan dan ketelitian dalam analisa, maka refraktometer digital dapat dijadikan sebagai referensi dalam pemilihan alat rekfraktometer.

 

Referensi :

 

  1. Paris, JK dkk. 2015. Comparison of a digital and an optical analogue hand-held refractometer for the measurement of canine urine specific gravity

  2. Bellingham & Stanley Team. 2018. Handheld Instrumentation : Portable Refractomers & Application Specific Test Kits. A Xylem Brand

  3. Bellingham & Stanley. Refractometers. https://www.bellinghamandstanley.com/

Previous Article

Jenis-Jenis Mikroskop yang dibutuhkan Laboratorium

Tuesday, 02 June 2020
VIEW DETAILS

Next Article

Uji Kasein pada Kertas : Tips Aman Menggunakan Metode Kjeldahl

Monday, 08 June 2020
VIEW DETAILS