Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Refraktometer untuk kolostrum

Refraktometer untuk kolostrum

Berdasarkan sejumlah penelitian kolostrum sapi terbukti memiliki efek positif terhadap kesehatan, seperti immunoglobulin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit diare akut akibat virus dan bakteri, menjaga saluran pencernaan dan kondisi tubuh, serta laktoferin, laktoperoksidase dan lisozim yang bersifat antimikroba terhadap mikroba patogen dan juga bersifat antioksidan (Houser et al., 2008; Georgiev, 2008; Pandey et al., 2011). Kolostrum sapi memiliki banyak keunggulan yang dapat dimanfaatkan, tetapi belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Kolostrum sapi yang dihasilkan oleh induk sapi hanya digunakan untuk konsumsi anak sapi yang baru lahir.

Refraktometer dapat digunakan di peternakan untuk memperkirakan kolostrum IgG, memisahkan kolostrum berkualitas tinggi dari kolostrum berkualitas rendah, dan meningkatkan kemampuan Anda untuk memberikan IgG yang cukup kepada anak sapi untuk mendapatkan transfer imunitas pasif yang berhasil.

Kolostrum adalah susu hasil sekresi dari kelenjar ambing induk betina selama 1-7 hari setelah proses kelahiran anak mamalia.  Kolostrum mulai diproduksi sekitar 3-6 minggu sebelum melahirkan, berwarna putih agak kekuningan, konsistensi kental, kaya akan antibodi dan mineral . Untuk  sapi, kolostrum sapi mengandung kurang lebih 90 komponen penting, beberapa diantaranya adalah protein, lemak, karbohidrat, asam lemak esensial, asam amino,dan vitamin. Kolostrum sapi juga mempunyai komponen bioaktif seperti growth factor, faktor antimikroba, faktor imun seperti senyawa imunoglobulin, serta enzim dalam jumlah yang besar. Kolostrum yang mengandung> 50 mg / mL IgG dapat diumpankan ke anak sapi yang baru lahir atau disimpan untuk digunakan di masa depan. Hindari memberi makan kolostrum lain selama pemberian pertama atau kedua; kolostrum kualitas rendah dapat dicampur dengan susu transisi dan diumpankan ke anak sapi yang setidaknya berusia dua hari.

Baru-baru ini, para peneliti telah mengusulkan bahwa Brix refractometer (Gambar 3) dapat digunakan untuk mengukur IgG dalam kolostrum. Skala dalam refraktometer Brix dirancang untuk mengukur jumlah sukrosa dalam suatu larutan, tetapi nilai-nilai Brix dapat dikaitkan dengan IgG dalam kolostrum. Data gabungan dari penelitian di Colorado dan Kanada menemukan korelasi antara analisis laboratorium untuk IgG menggunakan radiodimodusi, yang dianggap sebagai standar emas metode analisis IgG, dan nilai refraktometer Brix adalah 0,63. Menggunakan sampel kolostrum yang sama, korelasi antara tes laboratorium dan colostrometer adalah 0,36. Selain itu, pengujian kolostrum pada tiga suhu berbeda atau menggunakan sampel yang telah dibekukan dan dicairkan tidak mempengaruhi hasil secara signifikan. Nilai Brix 22% sesuai dengan 50 mg / mL, artinya kolostrum dengan nilai Brix di atas titik batas ini dapat dianggap sebagai kolostrum berkualitas tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa Brix refractometer memberikan metode yang akurat dalam memperkirakan IgG dalam kolostrum dengan manfaat instrumen yang jauh lebih rapuh daripada colostrometer. Penelitian lain menunjukkan Brix refractometer dapat digunakan untuk menentukan konsentrasi padatan total susu limbah, dan memperkirakan konsentrasi IgG dalam serum anak sapi juga.

Refraktometer  RFM 742 merupakan alat refraktometer tipe benchstop yang cocok untuk aplikasi pada food and beverage. RFM 742 dapat dijadikan pilihan untuk mengukur parameter Brix dan Refractive Index . Alat ini memiliki akurasi yang baik dengan nilai akurasi ± 0.01 untuk analisa °Brix dan ± 0.00005 untuk Refractive Index. Alat ini telah memenuhi beberapa standard seperti GLP, OIML; ASTM D 5006, USP/EP/BP; and with optional software, operational requirements of FDA regulation 21 CFR Part 11.

Gambar 1. RFM 742

Untuk refractometer handheld, OptiBrix 85 dapat digunakan untuk pengukuran kolostrum. OPTi Brix 85 adalah produk portable refractometer brix unggulan dari Bellingham + Stanley karena selain portable dan digital, handheld refraktometer ini sangat ringkas, handal dan mudah digunakan untuk mengukur brix melalui index bias secara mudah, cepat dan sangat akurat.

Gambar 2. OptiBrix 85 Refractometer Handheld

 

 

Referensi:

https://docplayer.info/55079618-Bab-1-pendahuluan-1-1-latar-belakang.html.

https://extension.psu.edu

https://www.bellinghamandstanley.com

 

Previous Article

Vortex Infrared : Alat Praktis untuk analisa

Tuesday, 03 September 2019
VIEW DETAILS