Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Vortex Infrared : Alat Praktis untuk analisa

Vortex Infrared : Alat Praktis untuk analisa

Tuesday, 03 September 2019

Vortex mixer merupakan alat untuk menghomogenasikan larutan dalam jumlah kecil. Alat ini biasanya digunakan untuk penelitian biologi, mikrobiologi atau aplikasi life science. Pada prinsipnya vortex hampir sama dengan mixer ataupun stirrer pada umumnya, hanya saja stirrer digunakan untuk sampel dengan jumlah yang lumayan besar seperti sampel dalam labu erlenmeyer ataupun dalam gelas kimia sedangkan vortex digunakan untuk sampel yang jumlahnya kecil dengan level larutan hingga µL (Mikro liter).

 

 

Bagian Alat Vortex

 

 

Secara umum vortex dibagi menjadi 3 bagian yaitu,

  1. Kepala Vortex

    Pada bagian ini, digunakan untuk peletakkan sampel. Terdapat berbagai jenis adapter yang dapat digunakan yang bergantung pada ukuran wadah yang digunakan pada saat analisis. Umumnya, dapat digunakan untuk tabung mikro (microtube) dengan variasi ukuran.

  2. Badan Alat

    Pada bagian ini, terdapat tombol power dan knob pengatur kecepatan, beberapa vortex juga dilengkapi dengan knob pengatur waktu getar. Kedua knob tersebut dapat membantu proses homogenasi sehingga prosesnya dapat berlangsung secara optimal.

  3. Kaki penumpu alat

    Bagian ini didesain untuk menopang alat dan tahan terhadap getaran sehingga pada saat alat dijalankan, alat tetap stabil pada tempat peletakkannya.

 

Gambar 1. Vortex dan bagian – bagiannya

 

Apa Itu Vortex Infrared?

 

 

Alat vortex ini sama pada alat vortex pada umumnya, hanya saja alat vortex ini dilengkapi dengan sensor Infrared yang berfungsi untuk mendeteksi pergerakan, sehingga pengguna tidak perlu menekan alat untuk menghomogenasikan sampel. Alat juga dilengkapi dengan mode tanpa sensor yang juga disebut dengan mode kontinu yang memudahkan dalam homogenasi sampel dalam kurun waktu tertentu.

 

Cara Menggunakan Vortex Infrared

 

 

  1. Penggunaan vortex pun mudah, sampel yang digunaka haruslah sudah dimasukkan dalam tabung mikro.

  2. Nyalakan alat dan atur kecepatan getar yang dibutuhkan.

  3. Taruh sampel pada bagian kepala alat, maka sensor Infrared akan mendeteksi pergerakan sehingga alat tidak membutuhkan tekanan untuk menjalankan alat.

  4. Lepaskan tekanan bila selesai.

 

 

Cara Mengganti Adapter

 

 

Penggantian kepala Vortex mixer dapat dilakukan dengan melepaskan kepala bawaan yang terpasang pada alat, dan kemudian pasang adapter pada kepala vortex.  Adapter yang tersedia ditunjukkan pada Gambar 2 dengan keterangan sebagai berikut :

  1. Adapter A : Foam stand for 19 microvials Eppendorf, 1.5 ml

  2. Adapter B : Customizable soft foam top

  3. Adapter C : Foam stand for 5 test tubes Ø 16 mm

  4. Adapter D : Foam stand for microtiter

  5. Adapter E : Foam stand for 4 tubes Ø 29 mm

  6. Adapter F : Small rubber supporting plate Ø 50 mm

  7. Adapter G : Rubber supporting plate Ø 94 mm

Gambar 2. Adapter Vortex

 

Wizard adalah tipe vortex Infrared yang termasuk dalam kategori Brand Velp Stirring Line. Alat ini dapat diatur dengan menggunakan mode sensor atau mode kontinu dan memiliki kecepatan hingga 3000 rpm. Alat ini sangat mudah untuk dioperasikan dan dapat mengoptimalkan analisa Anda.

Velp Stirring Line merupakan brand yang berasal dari Italia. Alat yang termasuk ke dalam kategori ini dikhususkan untuk membantu dalam proses homogenasi sampel agar dapat User dapat memperoleh hasil yang optimal. Selain alat vortex mixer, juga terdapat mikro stirrer, hot plate stirrer, dan homogenizer dalam kategori Velp Stirring Line. PT Sumber Aneka Karya Abadi (SAKA) adalah distributor resmi Velp yang menjual alat Vortex Wizard.

 

Daftar Pustaka

Webber, Bruna. Dkk. 2015. The Use of Vortex and Ultrasound Techniques for the in Vitro Removal of Salmonella spp. Biofilms, Acta Scientiae Veterinariae, Vol 43 , halaman 1332.

Velp Company. 2018. Velp Stirring Line Catalogue. Rome : Velp Company

 

Previous Article

MLS-D Infrared Moisture Analyzer

Tuesday, 06 August 2019
VIEW DETAILS

Next Article

Refraktometer untuk kolostrum

VIEW DETAILS