Sumber Aneka Karya Abadi - Your trusted partner for laboratory instrument

Search
Kontrol Hardness dan Konsumsi Phosphate pada Boiler Feed Water

Kontrol Hardness dan Konsumsi Phosphate pada Boiler Feed Water

Tuesday, 30 October 2018

Boiler merupakan alat penting dalam power plant yang difungsikan sebagai penghasil energi. Namun pemanasan air pada suhu dan tekanan tertentu pada boiler dapat mengakibatkan beberapa kasus yang berujung pada kerusakan sistem. Untuk itu dibutuhkan treatment untuk mencegah kemungkinan terjadinya hal tersebut.

Air digunakan untuk media pemanas karena ketersediaannya yang melimpah, aman, murah dan memiliki pemanasan yang spesifik. Hanya saja, air bukanlah material yang sepenuhnya baik untuk pemanasan pada boiler, hal ini karena air mengandung banyak zat yang dapat memunculkan masalah pada boiler, salah satu contohnya adalah keberadaan ion Ca2+ dan Mg2+ pada air yang menyebabkan Hardness (kesadahan)1. Jika kadar Hardness terlalu tinggi maka akan menyebabkan terjadinya kerak pada boiler dan jika berlanjut akan merusak sistem boiler itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan solusi untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan menambahkan zat kimia seperti softener untuk mengurangi kesadahan air tersebut2.

Salah satu kontrol yang dapat dilakukan adalah melakukan tes terlebih dahulu pada tap water yang akan digunakan. Berdasarkan standard Method for water & wastewater nomor 2340, pengecekkan hardness dilakukan menggunakan metode titrimetri dengan EDTA sebagai complex agent3. Namun, terdapat metode lainnya yaitu spektrofotometri hach method 8030 yang memiliki beberapa keunggulan ketimbang metode titrasi. Perbandingan kedua metode ini dapat dilihat pada Tabel 1.

 

Tabel 1. Perbandingan Metode Titrimetri dan Spektrofotometri/Kolorimetri

Perlakuan

Titrimetri4

Spektrofotometri Hach 80305

Waktu Preparasi Reagen lebih Lama Tidak memerlukan waktu, menggunakan reagen Hach

Sampel yang digunakan dalam sekali tes

25 mL

10 mL

Reagen EDTA yang digunakan

Estimasi 15 mL EDTA /test

1 tetes/ test

Perhitungan hasil

Perhitungan dilakukan secara manual

Dilakukan secara digital

Berdasarkan tabel Perbandingan tersebut, terdapat beberapa kelemahan dari metode ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tidak memerlukan waktu preparasi reagen.

  2. Waktu analisa yang lebih cepat karena perhitungan dilakukan secara digital

  3. Reagen yang diperlukan relatif lebih sedikit

  4. Sampel yang dibutuhkan dalam sekali tes relatif lebih sedikit

 

Pengontrolan hardness pada air tidak mungkin lepas dari penambahan zat lain untuk mengurangi ion-ion penyebab kesadahan pada air tersebut, beberapa caranya dalah dengan menambahkan softener, zat aditif yang dapat mengendapkan ion-ion Ca2+ menjadi Ca3(PO4)2 6. Tentunya penambahan ini haruslah dalam dosis tertentu, sehingga parameter phosphate perlu dikontrol juga. Pengecekkan phosphate dilakukan dengan menggunakan metode colorimetri dengan menggunakan reagen Molybldates untuk mendeteksi keberadaan orthophosphate.

Untuk kasus ini alat yang dapat membantu Anda adalah spektrofotometer DR3900 keluaran Hach. Spektrofotometer ini dilengkapi dengan stored program lebih dari 240 program serta dapat membuat 100 program, termasuk analisa hardness dan phosphate. Berbagai kelebihan disajikan oleh alat ini untuk membantu analisa Anda. Hach juga menyediakan closed reagent untuk yang diproduksi oleh Hach khusus untuk analisa Hardness, Phosphate, maupun parameter lainnya pada air. Selain itu, alat ini dapat menampilkan hasil berupa Absorbansi, Transmisi, dan konsentrasi dengan range panjang gelombang dari 320 – 1100 nm.

 

 

Reference :

  1. Boiler Water Treatment Handbook Chapter 39. http://ssu.ac.ir/cms/fileadmin/user_upload/Daneshkadaha/dbehdasht/markaz_tahghighat_olom_va_fanavarihaye_zist_mohiti/e_book/pasmand/water/58723_39a.pdf

  2. ASTM committee on Standards. Standard Test Method For Hardness in Water, An American Standard. Www.astm.org

  3. APHA (American Public Health Association) , AWWA (American Water Works Association), WED (Water Environtment Federation). 2005. Standard Methods For The Examination of Water and wastewater 21th Edition. United State America : Continental Edition

  4. Boyes, P.N, Method For The Analysis Of Boiler Water. https://pdfs.semanticscholar.org/8517/f565cdb41fa663098b1afc24672244ba0f17.pdf

  5. Hach Company, Hardness, Ca and Mg, Calmagite Method, www.hach.com

  6. American Water Works Association. 2016. Phosphate in Boiler Water Conditioning [with Discussion), Journal (American Water Works Association). Hal 79-200

Previous Article

Pemisahan Serum dan Plasma dari Darah

Monday, 01 October 2018
VIEW DETAILS

Next Article

Ultrapure Water untuk Hasil Analisa yang Optimal

Friday, 09 November 2018
VIEW DETAILS